Enam Bulan HK Bukukan Laba Bersih Rp 1,105 Triliun

Kompas.com - 07/08/2019, 18:38 WIB
Ruas jalan Tol Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah yang dilalui oleh Presiden Joko Widodo saat kunjungannya ke Lampung Kontributor Lampung, Eni MuslihahRuas jalan Tol Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah yang dilalui oleh Presiden Joko Widodo saat kunjungannya ke Lampung

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mencatat pertumbuhan laba bersih Rp 1,105 triliun pada Semester I-2019.

Angka ini tumbuh 78,9 persen bila dibandingkan semester yang sama tahun lalu senilai Rp 614 miliar.

Dengan kata lain, pencapaian ini hampir mencapai dua kali lipat atau 50,17 persen dari target laba bersih satu tahun yang ditetapkan oleh Perseroan.

Alhamdulillah, sampai dengan Semester I tahun ini, banyak pencapaian luar biasa yang sudah diraih oleh Hutama Karya,” kata Direktur Utama HK Bintang Perbowo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (7/8/2019).

Sejauh ini, HK telah merampungkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 470 kilometer yang artinya tercapai 17 persen dari target yang diamanatkan sepanjang 2.765 kilometer.

Baca juga: Hutama Karya Talangi Pembebasan Lahan Tol Aceh-Sigli Rp 842 Miliar

"Hal ini kami capai dengan melakukan berbagai inovasi, perbaikan metode kerja, dan efisiensi dalam melakukan procurement,” imbuh Bintang.

Bintang menjelaskan, sejumlah inovasi di bidang operasional dan keuangan dilakukan, seperti memperkuat infrastruktur IT, dan pengembangan Enterprise Resource Planning (ERP).

Kemudian penerapan Building Information Modelling (BIM), hingga inovasi dalam penciptaan instrumen pendanaan.

Dampaknya, pendapatan HK  pada Semester I-2019 yang mencapai Rp 8,115 triliun. 

Dari sisi perolehan margin, HK mencatat pertumbuhan Net Profit Margin (NPM) yang positif, yaitu tumbuh sebesar 13,61 persen jika dibandingkan dengan kinerja di periode yang sama tahun 2018 yakni sebesar 6,35 persen.

Bintang menambahkan, hingga Semester I-2019, Perseroan memiliki rasio utang berbunga terhadap ekuitas (Gross Gearing Ratio) yang masih memberikan kesempatan bagi Perseroan untuk lebih agresif dalam menambah sumber pendanaan.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X