Mulusnya Pansela Jawa, Jalur Alternatif Selain Pantura

Kompas.com - 05/08/2019, 19:13 WIB
Jalan Pansela Jawa Kementerian PUPRJalan Pansela Jawa

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang terbentang sepanjang 1.405 kilometer dari Banten hingga Jawa Timur.

Selain sebagai alternatif konektivitas di samping Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa, kehadiran jalan ini juga menjadi akses menuju sejumlah lokasi wisata eksotis di Pulau Jawa.

Salah satu ruas Pansela yang kini telah rampung ditangani yaitu ruas Tambakmulyo-Congot sepanjang 52,6 kilometer.

Baca juga: Mudik Sambil Berwisata Lewat Pansela Jawa

Kondisi jalan yang berada di Provinsi Jawa Tengah tersebut kini sudah beraspal dan lebih lebar dari semula yaitu menjadi 6,5 meter untuk badan jalan dengan lebar bahu jalan masing-masing 2,5 meter.

Jalan Pansela JawaKementerian PUPR Jalan Pansela Jawa

"Jalur Pansela Jawa sebagai jalur wisata didesain untuk kendaraan bertonase maksimal 8 ton. Konstruksi jalan dengan kemiringan tertentu sehingga dapat mengalirkan air hujan dan meminimalisir adanya genangan," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Direktorat Jenderal Bina Marga, Akhmad Cahyadi, dalam keterangan tertulis, Minggu (4/8/2019).

Baca juga: Jalur Pantura dan Pansela Tak Kalah Mulus Dibanding Tol Trans-Jawa

"Dengan demikian kondisi jalan terjaga, karena musuh utama jalan adalah air. Di ruas jalan ini juga dilengkapi lampu penerangan menggunakan solar cell di titik-titik yang rawan kecelakaan," imbuh dia.

Jalan Pansela JawaKementerian PUPR Jalan Pansela Jawa

Peningkatan kualitas ruas jalan tersebut merupakan bagian dari program Regional Road Development Project (RRDP) paket Lot 1 dan Lot 3 yang didanai oleh Islamic Development Bank (IDB).

Paket RDPP Lot 1 yakni ruas Tambakmulyo-Wawar sepanjang 38,4 kilometer yang dikerjakan oleh kontraktor PT Pembangunan Perumahan-Armada Hada Graha (KSO) dengan nilai kontrak tahun jamak 2015-2018 sebesar Rp 267,1 miliar.

Pada paket ini, juga terdapat pekerjaan pembangunan Jembatan Luk-Ulo sepanjang 180 meter yang melintasi Sungai Luk-Ulo di Desa Mirit Kabupaten Kebumen.

Jalan Pansela JawaKementerian PUPR Jalan Pansela Jawa

Kemudian Paket RRDP Lot 3 yakni ruas Wawar–Congot sepanjang 14,2 kilometer dikerjakan oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk dengan kontrak tahun jamak 2015-2016 sebesar Rp 58,2 miliar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X