Pemerintah Siapkan Kajian Jalan Tol Ibu Kota Baru

Kompas.com - 03/08/2019, 18:00 WIB
Kepala BPJT Danang Parikesit Kementerian PUPRKepala BPJT Danang Parikesit

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengaku, telah memiliki rencana membangun jalan tol di lokasi ibu kota baru

Namun, keputusan dibangun atau tidaknya akan menunggu kajian yang dilakukan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Sekarang kan ada (Tol) Balikpapan-Penajam Paser Utara kan. Setelah itu kalau arahnya ke sana, kita nyiapin jaringan jalan bebas hambatannya," ucap Danang di kantornya, Jumat (2/8/2019).

Baca juga: Siap-siap, Presiden Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Agustus

Kajian itu meliputi rencana pengembangan kawasan, jumlah penduduk, serta wilayah-wilayah yang memang membutuhkan konektivitas dengan jalan tol.

"Kalau wilayah koneksi fungsi-fungsi yang ada pakai jalan nasional sudah cukup, ya itu saja. Jadi nanti sangat tergantung Pak Dirjen Bina Marga yang mana yang dibangun tol, yang mana yang tidak," jelas Danang.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan lokasi pasti ibu kota baru pada Agustus ini, Presiden hanya menyebut ibu kota baru akan pindah ke Kalimantan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X