Tagihan Membengkak, Ini 5 Cara Menghemat Listrik

Kompas.com - 03/08/2019, 12:00 WIB
Tagihan listrik ShutterstockTagihan listrik

KOMPAS.com - Sebagai biaya rutin yang selalu dibayarkan setiap bulan dalam memelihara tempat tinggal, urusan listrik menjadi prioritas utama pemilik hunian.

Dengan tren tarif dasar listrik (TDL) yang selalu naik setiap tahunnya, banyak rumah tangga yang berupaya untuk menekan biaya listrik.

Sayangnya, masih ada pemilik hunian yang kurang cermat dalam menghemat penggunaan listrik, baik budget listrik prabayar yang membengkak karena habis setiap minggu atau tagihan listrik pascabayar bulanan yang jumlahnya membuat kaget pelanggan.

Beberapa faktor sepele bisa mempengaruhi mahalnya biaya listrik setiap bulannya. Padahal, solusinya mudah dilakukan dan dengan begitu tagihan listrik bisa berkurang.

Berikut adalah lima kesalahan pemakaian listrik yang membuat tagihan listrik membengkak dan harus segera ditanggulangi.

Tidak memakai lampu LED dan pemakaian lampu berlebihan

ilustrasi lampu ledThinkstock/DKsamco ilustrasi lampu led
Jika tempat tinggal Anda masih menggunakan lampu pijar, gantilah dengan lampu LED berdaya lebih kecil. Lampu LED juga lebih awet dibandingkan lampu pijar.

Meskipun sudah mengganti dengan lampu LED, jangan juga menyalakan lampu lainnya dalam jumlah banyak dan dalam durasi yang panjang.

Usahakan untuk tidak memakai lampu sama sekali pada siang hari dengan memanfaatkan cahaya alami.

Pada malam hari, nyalakan lampu saat masih beraktivitas. Menjelang beristirahat, matikan lampu-lampu yang tidak diperlukan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X