Konstruksi Fisik Ibu Kota Baru Paling Cepat Dilaksanakan 2020

Kompas.com - 02/08/2019, 14:26 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, pekerjaan konstruksi fisik ibu kota baru paling cepat dapat dilaksanakan pada 2020.

Saat ini, pihaknya dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) masih mengkaji lokasi pemindahan ibu kota, yang direncanakan di Pulau Kalimantan.

"Nanti Agustus pertengahan Pak Presiden akan declare itu di mana. Nanti kalau sudah, berarti detail rngineering design-nya baru kita lakukan. Kalau iya 2020 mudah-mudahan baru mulai kita pekerjaan fisik," ucap Basuki di kantornya, Jumat (2/8/2019).

Menurut Basuki, dibutuhkan keputusan politik untuk memastikan apakah pemindahanan ibu kota ini jadi atau tidak, di level eksekutif maupun legislatif.

Baca juga: Siap-siap, Presiden Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru Agustus

Setelah hal itu dilewati, barulah pemindahan dilaksanakan yang dimulai dengan pembangunan infrastruktur dasar, seperti jalan, air, sanitasi, perkantoran dan hunian.

Paling tidak, butuh waktu empat sampai lima tahun untuk menyiapkan infrastruktur dasar tersebut.

"Yang pertama pasti jalannya dulu, dasarnya dulu supaya terbentuk dulu batas-batas ibu kotanya dimana. Sehingga nanti pembangunan lainnya bisa mengikuti terutama jalan, air, baru perumahan," ujarnya.

Soal keberadaan jalan tol, Basuki menambahkan, kemungkinan tersebut masih terus dikaji. Namun, keputusan ada atau tidaknya penambahan ruas tol baru akan mengikuti kepastian lokasi setelah nanti diumumkan Presiden Joko Widodo.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X