Kompas.com - 28/07/2019, 12:22 WIB

RIUNG, KOMPAS.com - Warga yang bermukim di sepanjang ruas jalan Bajawa-Poma-Riung di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), meminta perhatian pemerintah pusat, karena kondisi jalan yang rusak.

Kepala Desa Rawangkalo Kecamatan Riung Damianus Ripo mengatakan, kondisi kerusakannya sangat berat, sehingga tidak layak dilewati.

"Kami minta pemerintah pusat dan provinsi, jalan di wilayah kami ini yang sangat memprihatinkan karena aspal sudah rusak dan berlubang sehingga kita kesulitan untuk melintas," ungkap Damianus kepada Kompas.com, Sabtu (27/7/2019).

Baca juga: Sabuk Merah Perbatasan Longsor Ditangani BPJN X Kupang dengan Cepat

Pemerintah harusnya memperhatikan jalan tersebut karena merupakan akses menuju obyek wisata terkenal di Taman Laut 17 Pulau Riung, yang satu di antaranya adalah Pulau Ontoloe yang dihuni oleh satwa Komodo.

Menurut Damianus, kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Riung sangat tinggi, namun tidak ditunjang dengan infrastruktur yang memadai.

"Jalan ini menghubungkan sejumlah tempat pariwisata di Flores. Namun karena jalannya rusak, para wisatawan pun sering mengeluh," imbuh dia.

Karena kondisi jalan yang rusak, banyak pengendara kendaraan bermotor yang mengalami kecelakaan. Bahkan korban kecelakaan tersebut sampai masuk jurang.

Hal senada disampaikan Moses Liu, yang merupakan tokoh masyarakat Riung.

Moses menyebut, kondisi jalan rusak pernah diperbaiki oleh pemerintah, namun hanya satu kilometer saja dan itu pun sudah mulai rusak. Padahal, jalan yang rusak mencapai belasan kilometer.

"Kami berharap, kalau bisa pemerintah pusat bisa segera memperbaiki jalan dari Bajawa menuju Riung, sehingga masyarakat dan para wisatawan bisa nyaman melintas," cetus Moses.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.