Catat, 8 Arah Kebijakan RUU Pertanahan

Kompas.com - 23/07/2019, 18:35 WIB
Ilustrasi PIXABAY/Free-PhotosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah dan DPR saat ini terus menggodok Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanahan, yang ditargetkan dapat rampung pembahasannya pada tahun 2019 ini.

Menurut Plt Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian ATR/BPN Andi Tenrisau, ada delapan arah kebijakan pengaturan pertanahan pada RUU yang akan menjadi lex specialis dari UU Nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UUPA) ini.

Pertama, penguatan konsep NKRI melalui pengaturan hubungan negara, kesatuan masyarakat, hukum adat dan orang dengan tanah.

"Penguatan konsep NKRI dilakukan melalui penegasan Hak Menguasai Negara, Hak Pengelolaan dan Pengakuan atas Hak Ulayat Masyarakat Hukum Adat," kata Andi dalam keterangan tertulis, Selasa (23/7/2019).

Kedua, pengaturan hak atas tanah untuk keadilan dan kemakmuran, yang dilaksanakan melalui peningkatan peran pemerintah dalam pembatasan jangka waktu penguasaan hak atas tanah, dan pembatasan luas kepemilikan tanah.

Baca juga: REI dan Kementerian ATR BPN Desak Pengesahan RUU Pertanahan

Selanjutnya, meningkatkan daya tarik investasi melalui pengaturan kembali jangka waktu hak atas tanah serta pengaturan kembali mengenai rumah susun, kepastian hukum penggunaan ruang di atas tanah dan di bawah tanah, dan reforma agraria.

Ketiga, pendaftaran tanah menuju single land administration system (SLAS) dan sistem positif. Sistem pendaftaran tanah bersifat positif.

Hal ini untuk memberikan kepastian hukum bagi pemegang hak atas karena tidak dapat dibatalkan.

"Dan ini untuk menuju ke arah yang dimaksud perlu dilakukan modernisasi pengelolaan dan pelayanan pertanahan menuju era digital, serta penyiapan lembaga penjamin (asuransi)," sambung Andi.

Keempat, penyediaan tanah untuk pembangunan yang dihimpun melalui lembaga Bank Tanah, untuk menghindari spekulan tanah ataupun kesengajaan untuk menyimpan atau mendiamkan tanah oleh swasta tanpa memanfaatkan dan menggunakan tanah yang dimaksud.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X