Jasa Marga Catat Pertumbuhan EBITDA 15,4 Persen

Kompas.com - 23/07/2019, 14:30 WIB
Ilustrasi jalan tol. Jasa MargaIlustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk membukukan EBITDA Rp 3,34 triliun pada Semester I-2019. Capaian ini tumbuh 15,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Emiten jalan tol berkode JSMR ini juga mencatat margin EBITDA sebesar 64,4 persen, lebih tinggi 4,4 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 60,5 persen.

"Dari sisi pendapatan usaha di luar konstruksi, Jasa Marga meraup pendapatan usaha sebesar Rp 5,16 triliun atau meningkat 7,6 persen dari Semester I-2018," terang Corporate Secretary Jasa Marga M Agus Setiawan dalam keterangan tertulis, Selasa (23/7/2019).

Pendapatan operasi jalan tol menjadi kontributor terbesar di dalam pendapatan usaha, yakni sebesar Rp 4,74 persen.

Bila dibandingkan Semester I-2018, pendapatan tol pada semeter pertama tahun ini tumbuh 9,2 persen.

Baca juga: Tol BORR Ambruk, Hari Ini Kementerian PUPR Panggil Jasa Marga dan PP

Adapun dari total pendapatan tol, kontribusi pendapatan di ruas anak usaha sebesar 17,2 persen, tumbuh 4,3 persen dibandingkan semester yang sama tahun lalu.

"Kenaikan kontribusi tersebut merupakan dampak positif dari pengoperasian jalan tol baru dan konektivitas jaringan Jalan Tol Trans Jawa di akhir tahun 2018," terang Agus.

Ruas-ruas jalan tol baru menyumbang pertumbuhan aset dari sisi hak pengusahaan jalan tol sehingga total aset Jasa Marga pada Semester I-2019 tercatat sebesar Rp 89,67 Triliun atau tumbuh sebesar 8,8 persen dari tahun 2018.

Sementara itu, pada semester ini Jasa Marga juga dapat menjaga laba bersih tetap stabil sebesar Rp 1,06 triliun di tengah mulai beroperasinya jalan tol baru dan masifnya kebutuhan pendanaan untuk penyelesaian konstruksi proyek jalan tol.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X