BPJT Komunikasi dengan Malaysia Terkait Investasi Jalan Tol

Kompas.com - 23/07/2019, 14:08 WIB
Kepala BPJT Danang Parikesit Kementerian PUPRKepala BPJT Danang Parikesit

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) tengah berkomunikasi dengan Malaysian Highway Authority (MHA) atau Lembaga Lebuhraya Malaysia mengenai investasi jalan tol perusahaan asal Negeri Jiran tersebut.

Hal itu menyusul informasi terkait kemungkinan dorongan Pemerintah Malaysia kepada perusahaan dalam negeri mereka untuk menarik investasi dari Indonesia.

"Salah satu yang ingin kita klarifikasi adalah kebijakan Pemerintah Malaysia tentang investasi luar negeri. Memang market kan banyak yang bertanya tentang itu," kata Kepala BPJT Danang Parikesit kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Menurut Danang, hingga kini belum ada sikap resmi dari pemerintah negara tetangga ini terkait rencana tersebut, dan BPJT pun masih dalam kondisi menunggu.

"Sampai sekarang belum ada pernyataan resmi mengenai hal itu," imbuh dia.

Dalam laporan yang diturunkan awal Juli 2019, The Edge Malaysia menulis, Khazanah Nasional Bhd, perusahaan investasi asal Malaysia yang mayoritas sahamnya dipegang Pemerintah Malaysia, secara terbuka mengklasifikasikan asetnya ke dalam dua kelompok yaitu komersial dan strategis.

Baca juga: Waskita Lepas Saham Tol Solo-Ngawi-Kertosono ke Hong Kong

Aset komersial yang jumlahnya mencapai 70 persen dari total portofolio yang dimiliki perusahaan dapat didivestasi secara penuh atau sebagian dengan harga yang tepat. Sedangkan aset strategis akan terus dipegang, sekali pun perusahaan merugi.

Khazanah telah melepas 16 persen kepemilikan saham mereka di IHH Healtcare kepada Mitsui & Co senilai 8,42 miliar ringgit atau setara Rp 28,56 triliun.

Penjualan tersebut menyisakan kepemilikan saham yang dimiliki Khazanah sebesar 26 persen, sementara Mitsui menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 32,9 persen.

Direktur Pelaksana Khazanah Shahril Ridza Ridzuan mengungkapkan, divestasi ini sebagai bagian dari strategi perseroan dalam menumbuhkan bisnis yang telah diambil alih.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X