Ternyata, Ini Penyebab Terbakarnya Notre Dame

Kompas.com - 18/07/2019, 22:30 WIB
Warga menyaksikan api membakar bagian atas Gereja Notre Dame di Paris, Perancis, pada Senin (15/4/2019). Belum diketahui penyebab pasti kebakaran itu, api dengan cepat melalap atap dan puncak menara gereja bernuansa Gotik yang dibangun pada abad ke-12 itu. AFP/GEOFFROY VAN DER HASSELTWarga menyaksikan api membakar bagian atas Gereja Notre Dame di Paris, Perancis, pada Senin (15/4/2019). Belum diketahui penyebab pasti kebakaran itu, api dengan cepat melalap atap dan puncak menara gereja bernuansa Gotik yang dibangun pada abad ke-12 itu.

KOMPAS.com - Kebarakan yang melanda Notre Dame masih menyisakan beberapa misteri, termasuk dari mana api berasal dan bagaimana kejadian tersebut cepat menyebar.

Setelah meninjau ratusan dokumen dan melakukan serangkaian wawancara dengan pengelola dan keamanan kebakaran yang berwenang, laporan New York Times seperti dikutip Architectural Digest, menemukan, ada miskomunikasi tentang tempat nyala api bermula.

Menurut laporan tersebut, saat alarm kebakaran berbunyi pada pukul 18.18 waktu setempat, penjaga memberitahukan tempat yang salah. Saat itu, penjaga menunjuk api menjalar dari ruang sakristi alih-alih loteng.

Hal ini tentunya menunda proses pemadaman, sehingga api semakin membesar dan berakibat terbakarnya puncak menara gereja.

Baca juga: Restorasi Notre Dame, Macron Diminta Dengarkan Ahli

Laporan ini juga menemukan alasan lain mengapa kerusakan yang terjadi sangat buruk. Menurut investigasi yang dilakukan, loteng Notre Dame tidak dilengkapi dengan alat penyiram.

Selain itu, alarm yang terpasang di dalam bangunan dianggap cukup tua dan dinilai lamban. Terlebih, The Telegraph menyatakan, petugas jaga yang bertugas saat itu baru bekerja selama tiga hari dan langsung menangani ruang berisi panel kontrol.

Lebih lanjut, laporan New York Times kali ini menjelaskan mengapa kebakaran terjadi di luar kendali. Dengan mencatat seluruh rangkaian peristiwa, bangunan katedral sebenarnya sangat rapuh baik dari luar maupun dari dalam.

Baca juga: Dua Ide Rekonstruksi Notre Dame, Green House dan Sampah Plastik

Meski demikian, investigasi resmi dari Pemerintah Perancis saat ini masih berlangsung. Hingga kemarin, parlemen setempat telah menyetujui RUU untuk merekonstruksi Notre Dama pada tahun 2024.

Bangunan itu akan didirikan kembali. Tak hanya itu, struktur rapuh yang masih ada juga akan diperkuat meski hal itu dianggap akan memakan banyak waktu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X