Indonesia Tawari Singapura Proyek Air Minum

Kompas.com - 17/07/2019, 17:47 WIB
IlustrasiDavide Restivo/CC 2.0 Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah proyek pengadaan air minum ditawarkan kepada investor asal Singapura, yang tergabung ke dalam Singapore Water Association (SWA).

Menurut Kepala Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Bambang Sudiatmo, proyek air minum yang ditawarkan sudah siap untuk dibangun.

"Di antarnya SPAM Jatigede, SPAM Pekanbaru, SPAM Jatiluhur, SPAM Karian dan SPAM Kamijoro," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: Komitmen Pemda dalam Penyediaan Air Minum Masih Rendah

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2015, kerja sama penyediaan air minum dengan badan usaha hanya dapat dilakukan dalam bentuk investasi pengembangan dan atau pengelolaan unit air baku, unit produksi, dan unit distribusi yang selanjutnya dioperasikan dan dikelola oleh BUMN atau BUMD.

Selain itu, Bambang menambahkan, badan usaha juga dapat melakukan investasi teknologi pengoperasian dan pemeliharaan dalam rangka mengupayakan penyelenggaraan SPAM yang efektif dan efisien dengan mekanisme kontrak berbasis kinerja.

Manager Business SWA, Jasinder Sip mengatakan, SWA memiliki anggota hingga mencapai 260 perusahaan.

Kedatangan SWA ke BPPSPAM untuk mengetahui prosedur kerjasama penyelenggaraan SPAM di Indonesia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X