Tips Menyulap Ruangan Sempit Jadi Luas

Kompas.com - 16/07/2019, 18:07 WIB
Massage sofa, Ichiro NeoFit, dari Advance. Dokumentasi AdvanceMassage sofa, Ichiro NeoFit, dari Advance.

JAKARTA, KOMPAS.com - Keterbatasan ruang seringkali menjadi tantangan pemilik rumah dalam menata interior, dan memilih jenis furnitur yang tepat.

Apakah ada contekan dalam mendekorasi ruang terbatas? Pada dasarnya, terdapat beberapa langkah mudah untuk membuat hunian tampil lebih luas.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mendekorasi rumah seperti ukuran furnitur, pemilihan warna, hingga fungsi perabotan.

Hunian dengan ruang terbatas tentu akan lebih cocok jika diisi dengan ragam furnitur berukuran kecil hingga sedang.

Baca juga: Kemewahan Arsitektur Rumah Tropis Bertemu Interior Eklektik

Selain itu, pilihan warna yang selaras dan pemilihan furnitur multi-fungsional dapat membantu menjadikan ruang terbatas menjadi lebih luas.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak tips berikut ini:

1. Pemilihan warna cerah dan netral pada dinding

Warna memiliki peran penting dalam memberikan suasana pada sebuah ruangan. Pemilihan warna dinding yang cerah dan netral seperti cream atau putih merupakan cara klasik yang sangat efektif guna membuat ruangan terbatas terkesan lebih luas, segar, dan terang.

Sebaliknya, pengaplikasian cat berwarna gelap akan membuat ruangan terlihat kecil, karena sifatnya yang menyerap sumber pencahayaan. Selain itu, warna gelap pun akan membuat suasana rumah menjadi nampak suram.

2. Plafon tinggi untuk kesan lebih luas

Sebuah ruangan terdiri dari dimensi horisontal dan vertikal. Rumah dengan langit-langit yang tinggi memiliki kelebihan tersendiri, karena memiliki ruang ekstra yang dapat dipakai untuk menarik perhatian ke atas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X