Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menyulap Ruangan Sempit Jadi Luas

Kompas.com - 16/07/2019, 18:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keterbatasan ruang seringkali menjadi tantangan pemilik rumah dalam menata interior, dan memilih jenis furnitur yang tepat.

Apakah ada contekan dalam mendekorasi ruang terbatas? Pada dasarnya, terdapat beberapa langkah mudah untuk membuat hunian tampil lebih luas.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mendekorasi rumah seperti ukuran furnitur, pemilihan warna, hingga fungsi perabotan.

Hunian dengan ruang terbatas tentu akan lebih cocok jika diisi dengan ragam furnitur berukuran kecil hingga sedang.

Baca juga: Kemewahan Arsitektur Rumah Tropis Bertemu Interior Eklektik

Selain itu, pilihan warna yang selaras dan pemilihan furnitur multi-fungsional dapat membantu menjadikan ruang terbatas menjadi lebih luas.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak tips berikut ini:

1. Pemilihan warna cerah dan netral pada dinding

Warna memiliki peran penting dalam memberikan suasana pada sebuah ruangan. Pemilihan warna dinding yang cerah dan netral seperti cream atau putih merupakan cara klasik yang sangat efektif guna membuat ruangan terbatas terkesan lebih luas, segar, dan terang.

Sebaliknya, pengaplikasian cat berwarna gelap akan membuat ruangan terlihat kecil, karena sifatnya yang menyerap sumber pencahayaan. Selain itu, warna gelap pun akan membuat suasana rumah menjadi nampak suram.

2. Plafon tinggi untuk kesan lebih luas

Sebuah ruangan terdiri dari dimensi horisontal dan vertikal. Rumah dengan langit-langit yang tinggi memiliki kelebihan tersendiri, karena memiliki ruang ekstra yang dapat dipakai untuk menarik perhatian ke atas.

Tetapi apabila tidak memiliki plafon tinggi, penggunaan jenis tirai panjang hingga menyentuh lantai dapat dijadikan alternatif.

Teknik ini akan mengalihkan mata untuk melihat ke bagian atas rumah sehingga menciptakan ilusi ruang vertikal yang lebih tinggi serta luas.

3. Kombinasi tempat penyimpanan pada furnitur utama rumah

Tempat tidur menjadi furnitur wajib dari sebuah hunian, karena kehadirannya mengambil banyak ruang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com