Begini Kiat Menentukan Harga Rumah

Kompas.com - 15/07/2019, 21:24 WIB
Ilustrasi rumah ThinkstockIlustrasi rumah

KOMPAS.com - Menjual rumah tidak gampang, apalagi menentukan harga jualnya. Salah satu hal yang bisa menarik perhatian calon pembeli adalah harga yang sesuai.

Untuk itu, Anda perlu cermat memberikan harga hunian yang akan dilempar ke pasar. Jangan sampai Anda memberikan harga yang sangat miring atau terlalu mahal.

Jika Anda berniat untuk menjual rumah namun belum memastikan harga yang sesuai, berikut kiatnya:

Properti yang baru dijual

Cara terbaik adalah membandingkannya dengan properti serupa yang baru saja dijual. Sebelum memutuskan untuk menetapkan harga, pastikan bahwa semua fasilitas yang ada di kedua properti tersebut serupa.

Tak hanya itu, Anda juga dapat membandingkan rumah dengan properti serupa yang saat ni sedang dijual. Portal jual-beli yang kini mejamur dapat menjadi referensi Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan keadaan rumah-rumah serupa yang tidak berhasil terjual.

Carilah pola mengapa rumah-rumah ini tidak terjual. Pelajari apa masalahnya, bisa jadi properti serupa yang tak berhasil terjual memiliki harga yang kurang kompetitif atau bahkan terlalu mahal.

Ilustrasi rumahBrianAJackson Ilustrasi rumah
Kenali prospek lingkungan sekitar rumah

Prospek masa depan lingkungan juga berdampak pada harga rumah. Jika ke depan, lingkungan sekitar rumah memiliki proyeksi berkembang, seperti pembangunan jalan dan konektivitas, tentu hal ini menjadi nilai tambah.

Bahkan perkembangan kecil, seperti rencana untuk menambah lebih banyak jalan atau membangun sekolah baru, bisa menjadi pertanda baik dan kemungkinan akan banyak diminati di masa depan.

Hal ini nantinya dapat meningkatkan nilai rumah Anda, atau dapat menghasilkan surplus perumahan, yang akan menurunkan nilai semua rumah di daerah tersebut.

Namun di sisi lain, jika pertumbuhan di lingkungan sekitar menunjukkan gejala kurang baik seperti toko-toko dan pom bensin yang tutup, maka Anda mungkin harus mempertimbangkan kembali harga rumah yang akan ditetapkan.

Ilustrasi rumahWentao Li Ilustrasi rumah
Ukuran dan luas bangunan

Jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran dan luas bangunan serta kualitas material di dalamnya. Tak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan fasilitas yang sudah ada di dalamnya.

Selain itu, Anda bisa membandingkannya dengan harga properti di sekitar tempat tinggal Anda.

Jangan lupa, pastikan juga harga rumah Anda tidak terlalu tinggi, tetapi juga tidak terlalu rendah atau murah.

Beri batasan harga

Calon pembeli biasanya menawar dengan harga yang paling rendah. Untuk itu, Anda perlu membuat batasan harga untuk penawarannya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X