Basuki Klaim Permintaan Rumah Subsidi Tak Surut Meski Harganya Naik

Kompas.com - 12/07/2019, 14:37 WIB
Ilustrasi rumah Kementerian PUPRIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, kenaikan harga rumah subsidi yang telah ditetapkan pemerintah, tidak secara langsung menyurutkan minat masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) membeli hunian.

Bahkan, Basuki mengklaim, permintaan pembangunan rumah subsidi melalui program kredit pemilikan rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) terus meningkat.

"Kemarin, BTN, REI dan Apersi saat datang ke kami justru meminta tambahan anggaran FLPP yang disediakan Kementerian Keuangan. Berarti permintaan untuk rumah subsidi bertambah," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Jumat (12/7/2019).

Kenaikan harga rumah subsidi untuk tahun 2019 dan 2020 telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 535/KPTS/M/2019. Besaran kenaikan harga jual bervariasi, tergantung dari wilayah.

Baca juga: 4 Juni, Harga Rumah Subsidi Naik

Kepmen PUPR tersebut dalam rangka mendukung Program Satu Juta Rumah yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo di Ungaran, Semarang pada 29 April 2015.

Melalui program ini diharapkan dapat memperkecil backlog penghunian perumahan di Indonesia yang pada tahun 2015 mencapai 7,6 juta unit menjadi 5,4 juta unit pada tahun 2019.

"Memang dari penetapan harga jual rumah subsidi terdapat kenaikan kira-kira Rp 10 juta, namun kenaikan harga rumah bersubsidi terakhir 5 tahun lalu, sehingga ini penyesuaian," imbuh Basuki.

Hingga 11 Juli 2019, pemerintah telah menyalurkan dana FLPP bagi sebanyak 47.077 unit dari target 68.858 unit dengan anggaran yang disediakan Rp 4,52 triliun.

Basuki menambahkan, penetapan harga rumah subsidi menyesuaikan dengan kondisi terkini di setiap wilayah.

Di antaranya disesuaikan dengan faktor harga tanah, kenaikan harga bahan bangunan, termasuk juga upah pekerja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X