Astra Incar Uji Coba Transaksi Tol Tanpa Henti Rampung Tahun Ini

Kompas.com - 09/07/2019, 17:00 WIB
Chief Astra Infra Solutions, Krist Ade Sudiyono (tengah), membeberkan rencana operasional jalan tol Jombang-Mojokerto, Jumat (21/12/2018). Ruas jalan tol bagian dari Trans Jawa ini sudah bisa dioperasikan seluruhnya, setelah diresmikan Presiden Jokowi. KOMPAS.com/MOH. SYAFIIChief Astra Infra Solutions, Krist Ade Sudiyono (tengah), membeberkan rencana operasional jalan tol Jombang-Mojokerto, Jumat (21/12/2018). Ruas jalan tol bagian dari Trans Jawa ini sudah bisa dioperasikan seluruhnya, setelah diresmikan Presiden Jokowi.

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Toll Road Business Group Astra Infra, Krist Ade Sudiyono menargetkan, uji coba transaksi tanpa henti atau single lane free flow (SLFF) di jalan tol yang tengah dilakukan Astra dapat selesai tahun 2019 ini.

"Dalam rencana kita, kalau bisa persiapan dilakukan tahun ini akan lebih baik. Sehingga mulai tahun depan kita sudah bisa memutuskan strategi implementasinya bersama pemerintah," kata Ade kepada Kompas.com, Senin (8/7/2019).

Saat ini, Astra tengah menguji teknologi Dedicated Short Range Communication (DSRC) yang merupakan salah satu teknologi pendukung SLFF di ruas Tol Tangerang-Merak.

Ada tiga aspek yang tengah diuji coba untuk membuktikan keandalannya, yaitu reliability atau keandalan sistem mulai dari front end hingga back end, dan interoperability system yang mencakup sistem pembayaran.

Kemudian, workability yang disesuaikan dengan situasi lapangan, berupa sistem toll collection dan alat pembayaran eksisting, pentarifan tertutup dan terbuka serta sistem integrasi beberapa ruas tol.

Baca juga: Astra Infra Cabut dari Proyek Tol Serpong-Balaraja

Uji coba dilakukan Astra Infra berkerja sama dengan Telkom Metra berusaha menjawab hal-hal tersebut.

"Setelah berhasil diujicoba berbasis DSRC untuk sistem pentarifan tertutup dengan kombinasi berbagai payment system, saat ini sedang dilakukan PoC enhancment," jelas Krist.

Berbagai peningkatan pun dilakukan untuk menguji sejumlah peralatan front end, integrasi dengan berbagai penyedia dana, dan penerapan di ruas integrasi.

Dengan begitu, dapat dilakukan mitigasi aspek collection dan distribusi pendapatannya.

Selain itu, Astra Infra juga sedang dipersiapkan rancangan cetak biru implementasi proses bisnis dan termasuk identifikasi penyiapan ekosistem yang diperlukan untuk penerapan SLFF hingga multi lane free flow (MLFF) di tol tersebut.

"Jika semua proses tersebut bsia dilesaikan dengan baik, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama kita bisa segera mendeklarasikan bahwa sistem SLFF bahkan MLFF siap untuk diimplementasikan di jalan tol," pungkas Krist.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X