Termahal, Lahan Industri di Bogor Tembus Rp 3,8 Juta Per Meter Persegi

Kompas.com - 09/07/2019, 14:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga lahan industri di kawasan Bogor menembus 270 dollar AS atau ekuivalen Rp 3,8 juta per meter persegi.

Dengan banderol senilai itu, membuat lahan industri di Bogor termahal se-Jadebotabek, bahkan se-Indonesia hingga kuartal II-2019.

Menurut riset Colliers International harga lahan industri di Bogor terus mengalami peningkatan sejak 2017 yang masih bertengger di angka 200 dollar AS hingga 210 dollar AS atau Rp 2,8 juta hingga Rp 2,95 juta per meter persegi.

"Sementara harga lahan industri di kawasan lainnya cenderung stagnan atau naik tipis bila dibandingkan tahun 2018 lalu," tulis Colliers.

Harga lahan industri di Bekasi, misalnya, saat ini sekitar 200-210 dollar AS. Disusul Tangerang dengan 175 dollar AS.

Berturut-turut Karawang dengan 160 dollar AS per meter persegi, dan Serang dengan angka 150 dollar AS per meter persegi.

Menurut Head of Research Colliers International Ferry Salanto, penjualan lahan tahun ini jauh merosot dibandingkan tahun 2018.

"Kurang dari 200 hektar lahan industri yang terserap pasar pada kuartal II-2019. Serang mencatat serapan tertinggi, kemudian Bekasi dan Karawang. Sementara kawasan lainnya tak ada transaksi," tutur Ferry dalam laporan Pasar Properti Jakarta, Seurabay, Bali Q2-2019.

Secara umum, industri makanan tercatat melakukan transaksi lahan terbesar sepanjang satu semester ini dengan 32 persen.

Menyusul tekstil 24 persen, industri baja dengan 9 persen, material bangunan 7 persen, otomotif 6 persen, konstruksi dan mesin 5 persen.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.