Gandeng Toyota, Ciputra Lansir Rumah Anti-gempa dan Bocor

Kompas.com - 06/07/2019, 08:00 WIB
Ilustrasi rumah Wentao LiIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Home Corporation (JHC) Jepang melalui anak usahanya Toyota Housing Indonesia menjalin kerja sama dengan PT Ciputra Residence membangun hunian bertajuk Bali Dwipa CitraRaya.

Tidak seperti perumahan lainnya, Bali Dwipa CitraRaya dirancang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi konstruksi tahan gempa, struktur dinding yang dapat difungsikan sebagai insulasi panas dan sistem penanggulangan kebocoran.

Penerapan teknologi ini diklaim mampu memangkas masa pembangunan lebih singkat, sehingga unit dapat diserahterimakan dalam 12 bulan.

President Director PT Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata mengatakan perusahaan sudah menetapkan standard kualitas di setiap kawasan perumahan yang dikembangkan, termasuk mengadopsi program EcoCulture.

Demikian halnya dengan Toyota Housing Indonesia, yang juga memiliki standard teknologi terapan, serta pengawasan yang ketat dalam setiap detail pembangunannya.

Baca juga: Bukan Trade Center, Ciputra Memilih Bangun Tiga Mal Sewa

“Jika teknologi Jepang dikombinasikan dengan standard kualitas kami, dan pengawasan yang ketat dari Toyota Housing Indonesia, kami yakin ini akan menjadi sebuah kekuatan besar bagi Bali Dwipa,” kata Budiarsa kepada Kompas.com, Sabtu (6/7/2019).

Menurut Budiarsa, pengembangan proyek kerja sama Bali Dwipa CitraRaya ini akan menjadi sinergi yang baik antar kedua perusahaan pengembang  Jepang dan Indonesia.

President Director Toyota Housing Indonesia Kazutoshi Shibata menimpali, teknologi rancang bangun perusahaannya memiliki keunggulan yang sudah teruji. 

“Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan Ciputra. Kami harap hal ini dapat memberikan kontribusi yang baik bagi keberhasilan kedua perusahaan pada masa mendatang,” tegas Shibata.

Shibata menjelaskan, teknologi rancang bangun Toyota Housing Indonesia menggunakan struktur tahan gempa (steel frame structure) dengan rangka baja ringan yang dibuat berdaya tahan tinggi.

Kemudian rangka dilapisi dengan panel GRC untuk menjamin kerataan dinding. Sistem konstruksi ini juga telah teruji dalam tes tahan gempa di Jepang.

Struktur dinding yang dipakai juga difungsikan sebagai insulasi panas. Bagian dinding diisi dengan materi glass wool yang memiliki sifat menghalang panas sehingga suhu di dalam rumah lebih stabil.

Toyota Housing juga melakukan penanggulangan terhadap risiko kebocoran melalui pelapisan membran anti air yang dipasang pada seluruh permukaan atap dan uji ketahanan angin dan hujan.

Tersedia tiga pilihan tipe unit ukuran 132/128, 105/128, dan 170/360 dengan harga mulai dari Rp 1,7 miliar.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X