Terkendala "U Turn", Sertifikat Laik Operasi Tol Cijago Mundur

Kompas.com - 04/07/2019, 17:00 WIB
Proyek pembangunan jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) yang tengah berlangsung di Depok. Kompas.com/Alsadad RudiProyek pembangunan jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) yang tengah berlangsung di Depok.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seksi II Tol Cinere-Jagorawi (Raya Bogor-Kukusan) sepanjang 5,5 kilometer akan dioperasikan dalam waktu dekat.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit uji laik operasi (ULO) untuk seksi tersebut sudah dilaksanakan.

Namun, sertifikat laik operasi (SLO) belum dapat diterbitkan lantaran masih adanya sejumlah kendala.

"Dari Pak Dirjen (Bina Marga) kita tunggu saja. Begitu beliau menerbitkan SLO untuk Seksi II dan diskusi dengan (Kementerian) Perhubungan tuntas mereka masih lihat ada pengaturan manajemen lalu lintas yang masih ada masalah," kata Danang, Selasa (2/7/2019).

"Jadi dari exit toll pas turunan flyover itu tidak bisa langsung belok kanan karena harus memutar di Pesona Mall. Itu yang masih PR untuk penerbitan SLO," imbuhnya.

Baca juga: Senin, Tol Cijago Seksi II Dibuka Fungsional

Sedianya, SLO diharapkan dapat terbit akhir Juni 2019. Namun dengan persoalan ini, penerbitan SLO mundur.

Meski demikian, Danang memprediksi, tidak akan butuh waktu lama untuk menyelesaikan persoalan ini.

Saat ini sejumlah rekayasa lalu lintas tengah disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan bila seksi tersebut beroperasi.

"Harusnya bulan Juli ini bisa sudah mulai, karena bulan kemarin sudah ULO," sebut Danang.

Sebelumnya, Seksi II Tol Cijago telah dibuka fungsional untuk mendukung pergerakan masyarakat pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X