Peritel Besar Kalah Saing dengan Pemain Kecil

Kompas.com - 03/07/2019, 18:30 WIB
Suasana di Giant Cinere Mall, Jawa Barat saat diskon besar-besaran digelar, Jumat (27/6/2019). KOMPAS.com/ Walda MarisonSuasana di Giant Cinere Mall, Jawa Barat saat diskon besar-besaran digelar, Jumat (27/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah peritel besar dalam beberapa waktu terakhir tumbang. Hal itu ditengarai karena semakin berkembangnya pengecer kecil dari waktu ke waktu.

Menurut Senior Associate Director Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, bergugurnya ritel pengecer besar karena dianggap kurang efisien.

"Mereka itu mulai ditinggalkan karena ekspansi ritel-ritel pengecer kecil. Orang sekarang melihat lebih mencari kepraktisannya," kata Ferry di Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Baca juga: Bisnis Ritel Menurun, Pasaraya Berubah Menjadi “New Creative Hub”

Kepraktisan yang dimaksud yaitu dari aspek lokasi. Ritel pengecer besar cenderung memiliki toko atau gerai di lokasi tertentu yang tak jarang cukup jauh dijangkau oleh masyarakat.

Persoalan lainnya yakni lahan parkir yang terbatas sehingga membuat masyarakat merasa kurang efisien bila harus menggunakan kendaraan pribadi untuk berbelanja di sana.

Kondisi tersebut, tentu berbanding terbalik dengan ritel pengecer kecil yang jumlahnya menjamur di masyarakat.

Bahkan, di beberapa lokasi tak jarang terdapat dua ritel pengecer kecil yang notabene merupakan kompetitor namun dapat berdiri berdampingan.

"Sekarang kita malas ke toko ritel besar karena waktunya lama, cari parkir susah, dan pilihannya (penggantinya) lebih banyak," kata Ferry.

Dibandingkan berbelanja, masyarakat cenderung memilih untuk sekedar hangout di pusat perbelanjaan tempat ritel pengecer besar itu berada.

Sebelumnya, PT Hero Supermarket Tbk memutuskan menutup enam gerai Giant yang ada di sejumlah wilayah di Jabodetabek.

Keenam gerai tersebut berada di Giant Ekspres Cinere Mall, Giant Ekspres Mampang Prapatan, Giant Ekspres Pondok timur, Giant Ekstra Wisma Asri, Giant Ekstra Jatimakmur, dan Giat Ekstra Mitra 10 Cibubur.

Tak pelak, akibat dari rencana penutupan tersebut, Giant memberikan diskon besar-besaran antara 5 sampai 50 persen hingga 28 Juli mendatang.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X