Resmi, Duet PP-Wika Garap Tol Semarang-Demak

Kompas.com - 03/07/2019, 08:43 WIB
Ilustrasi jalan tol Kementerian PUPRIlustrasi jalan tol

SUMEDANG, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan pemenang tender proyek Tol Semarang-Demak.

Sebelumnya, proyek sepanjang 27 kilometer ini direbutkan empat konsorsium, yang berasal dari China dan juga dalam negeri.

"Semarang-Demak sudah tender dan sudah ada penetapan pemenanganya, PP dan Wika (pemenangnya)," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada Kompas.com, Selasa (2/7/2019).

Baca juga: Basuki Tunggu Penetapan Pemenang Lelang Tol Semarang-Demak

Pelaksanaan tender telah dilakukan sejak November 2018 lalu, empat konsorsium menyerahkan dokumen pra kualifikasi.

Keempat konsorsium tersebut yakni konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk-PT Waskita Toll Road-PT Adhi Karya (Persero) Tbk-PT Brantas Abipraya (Persero).

Kemudian, konsorsium PT Pembangunan Perumahan (Persero)-PT Wijaya Karya (Persero)-PT Misi Mulia Metrical. Dua konsorsium lainnya yaitu PT China Harbour Indonesia dan Sinohydro Corporation Limited.

Konstruksi proyek yang diperkirakan menelan investasi Rp 15,3 triliun ini akan dimulai pada 2019.

Kehadiran tol ini telah ditunggu untuk meningkatkan aksesibilitas dan menambah kapasitas jaringan jalan yang sudah ada untuk melayani kawasan utara Jawa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X