Basuki Minta Bantuan Ridwan Kamil Bebaskan Lahan Tol Cisumdawu

Kompas.com - 02/07/2019, 21:10 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mendengarkan penjelasan terkait proyek Tol Cisumdawu, Selasa (2/7/2019). DANI PRABOWOMenteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mendengarkan penjelasan terkait proyek Tol Cisumdawu, Selasa (2/7/2019).

SUMEDANG, KOMPAS.com - Salah satu manfaat kehadiran Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yaitu menjadi jalur alternatif masyarakat menuju Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

Sebelumnya, masyarakat yang hendak menuju bandara harus menempuh perjalanan hampir tiga jam melewati jalur arteri.

Sementara, bila melewati jalan berbayar ini, waktu tempuh yang diperlukan diklaim cukup 1,5 jam saja.

Terpangkasnya waktu tempuh perjalanan lantaran tol ini akan terkoneksi dengan Tol Cipali.

Baca juga: Dukung Bandara Kertajati, Konstruksi Tol Cisumdawu Dikebut

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku telah berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Barat untuk membantu pembebasan jalan akses menuju bandara dari Tol Cipali.

“Dari Cipali ke Kertajati itu 4 kilometer. Tadi saya sudah telepon Pak Gubernur, anggaran pembebasan lahannya untuk Provinsi Jawa Barat sudah ada pada 2019,” kata Basuki usai meninjau lokasi proyek, Selasa (2/7/2019).

Dengan alokasi tersebut, ia menambahkan, pemerintah pusat tak perlu lagi menganggarkan dana pembebasan lahan di dalam APBN.

“Saya minta 2019 ini bebas 4 kilometer. 2020 pasti bisa 4 kilometer,” sambung Basuki.

Ada pun pekerjaan konstruksi Tol Cisumdawu ditargetkan rampung 2020 atau setahun lebih cepat dari rencana semula.

Jalan tol yang dibangun dengan investasi Rp 8,41 triliun oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) ini akan terkoneksi dengan Tol Cipali dan Tol Purbaleunyi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X