Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

139 "Steel Box Girder" Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Dipasang

Kompas.com - 28/06/2019, 15:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan steel box girder pada proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) belum terpasang. Padahal proyek ini ditargetkan selesai September 2019.

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono menyebut, masih ada 139 steel box girder yang belum terpasang dari 2.585 steel box girder yang dibutuhkan untuk proyek ini.

Salah satu kendala yang dihadapi kontraktor dalam pemasangan yaitu mengatur pekerjaan pengangkatan.

Sebab, pada saat yang sama ada pekerjaan infrastruktur lain yang turut digarap di sepanjang koridor jalan tol tersebut.

Tol Layang Jakarta-CikampekPT Jasamarga Jalanlayang Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek

"Kendala yang dihadapi sementara ini adalah mengatur sequence pekerjaan dengan kondisi lalu lintas yang sangat padat di dalam window time," ucap Djoko dalam keterangan tertulis, Jumat (28/6/2019).

Seperti diketahui, ada tiga proyek lain yang digarap bersamaan di sepanjang koridor Tol Jakarta-Cikampek, yaitu LRT Jakarta-Bekasi Timur, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Adapun rentang pekerjaan pengangkatan dilaksanakan setiap hari antara pukul 22.00 hingga 05.00 WIB.

Tol Layang Jakarta-CikampekPT Jasamarga Jalanlayang Cikampek Tol Layang Jakarta-Cikampek
"Solusinya adalah merencanakan pekerjaan dengan sangat detil dan baik karena ada beberapa pekerjaan proyek proyek yang bersamaan, serta tentunya dengan menerapkan metode kerja yang lebih ramah terhadap kondisi lalu lintas," ucapnya.

Saat ini, seluruh pekerjaan konstruksi dari proyek sepanjang 36,4 kilometer ini telah mencapai 86 persen.

Djoku pun memastikan, setelah seluruh pekerjaan konstruksi rampung, pihaknya segera mengajukan surat permohonan uji laik fungsi dan operasi agar jalan berbayar ini dapat segera dimanfaatkan.

"Kami targetkan selesai konstruksinya pada akhir September 2019 untuk selanjutnya dilakukan uji layak fungsi dan layak operasi," kata Djoko.

Tol Layang Jakarta-Cikampek membentang antara ruas Cikunir hingga Karawang Barat. Jalan ini akan menjadi jalur alternatif bagi masyarakat yang hendak menuju wilayah Bandung maupun Cikampek bila kondisi ruas eksisting cukup padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com