Kiat Menghemat Biaya Utilitas di Rumah

Kompas.com - 25/06/2019, 23:00 WIB
Ilustrasi hunian hijau SHUTTERSTOCKIlustrasi hunian hijau

KOMPAS.com - Energi memegang peranan yang sangat penting untuk berbagai hal termasuk dalam kehidupan rumah tangga.

Jika tidak digunakan dengan bijak, maka tagihan akan melonjak. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk menghemat biaya utilitas termasuk penggunaan energi di dalam rumah.

Jika Anda ingin menurunkan biaya utilitas rumah tangga, jangan lupa memeriksa peralatan dan energi yang digunakan di dalam rumah.

Pertama adalah pendingin udara. Banyak pemilik rumah membuat kesalahan dengan memiliki sistem pendingin udara yang terlalu besar.

Baca juga: Pilihan Warna Kamar Tidur yang Mencerahkan Pagi Anda

Namun hal ini membuat rumah Anda dipenuhi dengan banyak udara dingin yang sangat cepat, sehingga membuat rumah semakin lembab, menyebabkan kondensasi, dan bahkan jamur.

Penghuni yang ingin membuat rumahnya lebih dingin juga harus memastikan jika huniannya dilengkapi dengan insulasi dan menutup segala kebocoran yang ada di dalam rumah.

Menutup segala kebocoran pada saluran pemanas dan pendingin udara juga dapat membantu membendung hilangnya energi.

Selain meningkatkan kerja pendingin udara, Anda juga harus melihat sistem pemanas air. Jika rusak atau lama, alat yang baru dapat memberikan efisiensi tiga hingga empat kali lebih banyak.

Selain itu, penerangan adalah area lain di mana peningkatan dapat menuai penghematan besar. Anda bisa beralih ke LED dari lampu pijar yang dapat meningkatkan efisiensi sekitar 85 persen.

Setelah Anda menambal titik-titik masalah tersebut, peningkatan ke peralatan yang hemat energi dapat membantu membatasi biaya utilitas bulanan Anda lebih lanjut.

Perubahan kecil lainnya adalah memasang termostat yang dapat diprogram atau strip daya untuk membantu mengelola penggunaan energi dan peralatan yang tetap ada sepanjang waktu.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X