Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Menghemat Biaya Utilitas di Rumah

Kompas.com - 25/06/2019, 23:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Energi memegang peranan yang sangat penting untuk berbagai hal termasuk dalam kehidupan rumah tangga.

Jika tidak digunakan dengan bijak, maka tagihan akan melonjak. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk menghemat biaya utilitas termasuk penggunaan energi di dalam rumah.

Jika Anda ingin menurunkan biaya utilitas rumah tangga, jangan lupa memeriksa peralatan dan energi yang digunakan di dalam rumah.

Pertama adalah pendingin udara. Banyak pemilik rumah membuat kesalahan dengan memiliki sistem pendingin udara yang terlalu besar.

Baca juga: Pilihan Warna Kamar Tidur yang Mencerahkan Pagi Anda

Namun hal ini membuat rumah Anda dipenuhi dengan banyak udara dingin yang sangat cepat, sehingga membuat rumah semakin lembab, menyebabkan kondensasi, dan bahkan jamur.

Penghuni yang ingin membuat rumahnya lebih dingin juga harus memastikan jika huniannya dilengkapi dengan insulasi dan menutup segala kebocoran yang ada di dalam rumah.

Menutup segala kebocoran pada saluran pemanas dan pendingin udara juga dapat membantu membendung hilangnya energi.

Selain meningkatkan kerja pendingin udara, Anda juga harus melihat sistem pemanas air. Jika rusak atau lama, alat yang baru dapat memberikan efisiensi tiga hingga empat kali lebih banyak.

Selain itu, penerangan adalah area lain di mana peningkatan dapat menuai penghematan besar. Anda bisa beralih ke LED dari lampu pijar yang dapat meningkatkan efisiensi sekitar 85 persen.

Setelah Anda menambal titik-titik masalah tersebut, peningkatan ke peralatan yang hemat energi dapat membantu membatasi biaya utilitas bulanan Anda lebih lanjut.

Perubahan kecil lainnya adalah memasang termostat yang dapat diprogram atau strip daya untuk membantu mengelola penggunaan energi dan peralatan yang tetap ada sepanjang waktu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com