Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Mesin ATM Dibuat dari Tembok Berlin

Kompas.com - 24/06/2019, 22:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber designboom

KOMPAS.com - Sebuah patung atau monumen umumnya dibuat sebagai peringatan akan suatu momen penting. Di berbagai belahan dunia, patung atau monumen dipajang dan menjadi atraksi bagi warga sekitar.

Sama seperti monumen di Berlin ini. Seniman Michael Elmgreen dan Ingar Dragset membuat instalasi dengan bagian dari Tembok Berlin.

Uniknya, di dalam instalasi tersebut disisipkan mesin ATM yang beroperasi 24 jam. Selain mesin ATM, dalam instalasi ini, Elmgreen dan Dragset menggabungkan obyek lain yang terlihat tidak terkait, yakni segmen tirai besi yang pernah memisahkan Berlin Timur dan Barat.

Keberadaan instalasi di Berlin merupakan donasi dari seorang kolektor bernama Heiner Wemhoner dan akan dipajang di depan gedung Hamburger Bahnhof.

-Elmgreen & Dragset -
Selain itu, penggunaan dua obyek ini mewakili dua sistem yaitu kapitalis barat dan komunis timur. Sebelumnya, Tembok Berlin menjadi simbol pengekangan kebebasan.

Lebih lanjut, patung peringatan ini dinamai Statue of Liberty. Instalasi yang dinamai Statue of Liberty ini terinspirasi dari Patung Liberty yang monumental dan menjadi simbol kebebasan saat menyambut para imigran datang pertama kali ke Amerika Serikat.

Statue of Liberty dibuat sebagai karya peringatan untuk pemisahan Jerman, sebuah monumen yang mengingat waktu yang hilang setelah jatuhnya tembok, dan peringatan tentang sejarah dan kota.

Perpaduan aneh ini menggambarkan keadaan Kota Berlin yang saat ini berkembang sangat pesar sejak jatuhnya tembok pembatas yang melambangkan perang dingin pada masanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber designboom
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com