Agar Rumah Impian Segera Terwujud, Ini Caranya

Kompas.com - 24/06/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi rumahFreshome Ilustrasi rumah

KOMPAS.com — Ketika Anda telah memutuskan untuk membeli sebuah hunian, apartemen atau rumah tapak, memastikan tabungan dalam jumlah cukup adalah sebuah keharusan.

Sebab, hal ini bukan hanya mengenai kecukupan mengumpulkan uang muka, tetapi juga kemampuan dalam mencicil hingga bertahan hidup di tengah proses pelunasan.

Oleh karena itu, merencanakan penghematan maksimal dari uang gaji yang diterima setiap bulan dapat menjadi salah satu cara untuk memenuhi kedua hal tersebut.

Seorang perencana keuangan dan pendiri Money Done Right, Logan Allec mengungkapkan, ada lima cara yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran setiap bulan.

1. Kurangi hangout

Ia menilai, banyak orang menghamburkan uang sia-sia hanya untuk nongkrong dengan rekan-rekan.

"Saya pikir ini adalah ide yang sangat baik," ucap Allec seperti dilansir dari Apartementtherapy.com.

Tanpa disadari, mereka harus merogoh kocek yang dalam untuk membayar setiap makanan dan minuman serta camilan yang dihabiskan selama mereka mengobrol berjam-jam di kafe atau restoran.

"Jauh lebih positif mereka melakukan aktivitas, seperti hiking, daripada makan siang atau makan malam mewah bersama rekan-rekan. Itu adalah alternatif yang menyehatkan," ucapnya.

2. Potluck di kantor

Percaya tidak percaya, berbagi makanan dengan rekan sejawat di kantor jauh lebih enak dan menyenangkan dibandingkan harus jajan di luar.

Cara ini juga sekaligus dapat menghemat pengeluaran harian kita.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X