Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Gantung Terpanjang se-Asia Tenggara yang "Membius" Pengunjung

Kompas.com - 24/06/2019, 12:37 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Gantung (Suspension Bridge) Situ Gunung yang berada Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, berhasil membius wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Dikelilingi pemandangan alam yang eksotis, jembatan sepanjang 243 meter, lebar 1,2 meter dan berdiri di atas ketinggian 107 meter dari permukaan tanah ini berada di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Dalam beberapa waktu terakhir, kehadiran jembatan yang diklaim terpanjang se-Asia Tenggara ini ramai diperbincangkan di media sosial.

 

Tak terkecuali Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang secara khusus mengunggah foto keindahan alam di sekitar jembatan tersebut pada akun Instagram pribadinya.

"Good Morning from The Stunning Situgunung Bridge, Sukabumi. Visit West Java 2019. Photo by @nics_mindest," tulis Ridwan.

Jembatan SitugunungInstagram @ridwankamil Jembatan Situgunung

Hal senada diungkapkan akun Instagram @exploresukabumi.

"This photo of Situgunung Suspension Bridge by @skinnymonkey leaves us speechless. Any words from you?," tulis @exploresukabumi.

Jembatan SitugunungInstagram @exploresukabumi Jembatan Situgunung

Jembatan Situgunung dibangun atas kerja sama TNGGP dengan PT Fontis Aqua Vivam pada 2017 lalu.

Kendati jembatan ini sudah bisa dinikmati pengunjung sejak 2018, namun peresmiannya baru dilaksanakan pada 9 Maret 2019 lalu oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Untuk bisa melewati jembatan yang menjadi shortcut menuju Curug Sawer ini, pengunjung harus membayar tarif Rp 50.000. Adapun jam operasionalnya mulai dari 07.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB.

Pengunjung yang hendak melintasi jembatan diminta tidak terlalu khawatir. Sebab, petugas akan memasang sabuk pengaman di pinggang yang dapat dikaitkan ke ram di tepi jembatan ketika terjadi guncangan.

Gerbang masuk menuju Suspension Bridge, Situ GinUng, Sukabumi, Jawa Barat. Foto diambil pada Minggu (13/1/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Gerbang masuk menuju Suspension Bridge, Situ GinUng, Sukabumi, Jawa Barat. Foto diambil pada Minggu (13/1/2019).

Selain itu, petugas juga disiagakan di bagian tengah jembatan untuk membantu masyarakat yang mengalami kendala saat menyeberang.

Menjelang musim liburan anak sekolah, Jembatan Situgunung dapat menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

Satu hal yang perlu diantisipasi yaitu membludaknya jumlah wisatawan saat musim liburan.

Seperti terjadi pada saat libur Lebaran 2019 lalu, pengunjung antre berjam-jam untuk melintasinya.

"Iya betul, bahkan sampai 3 sampai 4 jam (antrean melintasi jembatan)," ucap Guide Taman Wisata Alam Situ Gunung, Nur Fauziyah, saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (8/6/2019) lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com