Ini Kategori Milenial yang Bakal Mendapat Subsidi Rumah

Kompas.com - 19/06/2019, 17:10 WIB
Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid saat meninjau program BSPS di Lampung Selatan.Kementerian PUPR Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid saat meninjau program BSPS di Lampung Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati jumlah milenial sekitar 30 persen dari populasi 260 juta masyarakat Indonesia, tidak seluruhnya bakal mendapat bantuan subsidi rumah dari pemerintah.

Akan ada kategorisasi milenial yang berhak dan tidak mendapat subsidi rumah dari pemerintah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, hingga kini skema subsidi khusus milenial masih digodok.

"Ada tim lima pilar yang terdiri atas akademisi, swasta, komunitas dan sebagainya (yang membahasnya). Nantinya akan dikelompokkan untuk menyusun konsep ke depan pembangunan perumahan," ucap Khalawi usai kegiatan Indonesia Housing Forum di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Menurut dia, milenial nantinya akan digolongkan ke dalam tiga kelompok. Pertama, milenial pemula.

Baca juga: Jatah KPR Subsidi BTN Habis

Mereka adalah kelompok yang baru saja lulus menempuh pendidikan dan belum memperoleh penghasilan.

"Kita siapkan rumah sewa, rumah susun," kata dia.

Sedangkan, bagi yang sudah memiliki penghasilan melebihi kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), namun belum mampu membeli secara tunai, itulah yang akan diberikan bantuan subsidi.

"Kalau yang sudah maju, ya beli sendiri saja," ucapnya.

"Tiga klaster konsep ini lagi digodok skemanya. Nanti tunggu yang tepat. Karena jumlah milenial ini sangat tinggi sekali, harus dipikirkan," imbuh dia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X