Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2019, 14:24 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Setiawan Dwi Tunggal, pengembang apartemen The Parc, menawarkan program khusus untuk anak-anak muda atau kalangan milenial memiliki hunian sendiri. Ini adalah program Nabung DP atau mengumpulkan uang muka yang memungkinkan anak milenial membayar uang muka selama periode 2-3 tahun.

Hal tersebut dikatakan Direktur SouthCity, Peony Tang, dalam paparan program khusus untuk milenial tersebut, Selasa (18/6/2019). Lewat program ini, menurut Peony, milenial hanya perlu mencicil uang muka 20 persen atau sekitar Rp 3,3 jutaan hingga 24 kali.

"Setelah itu dilanjutkan dengan mencicil KPA sebesar Rp 3 juta per bulan. Ini artinya, dalam satu hari itu calon konsumen atau anak-anak milenial ini cuma perlu menyisakan Rp 99,000 per hari," lanjut Peony.

Peony mengatakan, memang ada beberapa kendala dihadapi generasi muda ini untuk memiliki hunian. Beberapa di antaranya adalah daya beli hunian yang terbilang rendah dan pendapatannya relatif belum mencukupi.

"Sebetulnya, kendala itu juga terkait gaya hidup mereka sendiri yang lebih mengutamakan pengalaman hidup dibandingkan masa depan, padahal paradigma itu bisa dibalik, yaitu mendahulukan masa depan baru kemudian pengalaman," ujar Peony.

Dengan tawaran program khusus itulah, lanjut dia, harapan anak milenial bisa punya rumah di usia muda bisa terwujud, apalagi beberapa pengembang, bahkan bank-bank penyedia KPR makin gencar memberikan program khusus bagi anak milenial yang serius ingin punya rumah.

Data Bank Indonesia menyebutkan bahwa di 2018 lalu ada peningkatan jumlah debitur usia 26 hingga 35 tahun yang mendominasi pertumbuhan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pertumbuhan debitur usia 26 hingga 35 tahun itu terjadi di pangsa rumah tapak tipe 22 hingga 70 meter persegi, rumah susun tipe 22 hingga 70 meter persegi, serta rumah susun tipe 21 ke bawah.

Peony merinci, pangsa usia 26 hingga 35 tahun untuk rumah tapak tipe 22-70 meter persegi terus meningkat dari 2014 sampai 2018. Adapun jumlah persentase debitur rumah tipe 22-70 meter persegi untuk usia 26 hingga 35 tahun berada pada kisaran 35 hingga 50 persen dari total debitur KPR.

Adapun untuk rumah susun atau flat tipe 22-70 meter persegi, debitur usia 26 hingga 35 tahun mulai mendominasi pasar. Dari keseluruhan debitur, persentase debitur usia tersebut  berjumlah 35 persen.

"Artinya, kalau dari data itu bisa digambarkan bahwa pasar potensial bagi industri properti adalah anak milenial. Sayangnya, enggak semua anak milenial punya kesempatan mengajukan KPR untuk beli rumah pertamanya," kata Peony.

Bisa dikatakan, lanjut Peony, kelompok debitur pada kisaran usia 26-35 tahun hanya mewakili 40 persen dari total jumlah milenial di Indonesia. Ini berarti bahwa ada 60 persen kalangan milenial masih belum memiliki akses pinjaman perumahan.

Sementara itu, Asscoiate Director SouthCity, Stevie Faverius Jaya, mengatakan bahwa populasi anak milenial yang mencapai 60 persen demografi Indonesia menjadi peluang bagi pihaknya untuk memasarkan The Parc.

The Parc adalah hunian vertikal seluas 1,5 hektar dalam 5,5 hektar di kawasan superblock SouthCity. Dengan skema pembayaran yang diberikan dan tawaran program khusus tadi, Stevie mengaku optimistis akan semakin besar peluang The Parc bisa menyasar konsumen milenial.

"Apalagi ke depannya akan banyak event komunitas yang menarik serta inspiratif dan kami sudah menyiapkan banyak fasilitas mulai multi-function hall, clubhose, dan lain-lain untuk mendukung kebutuhan itu," kata Stevie.

Beberapa akses menuju superblok ini antara lain melalui stasiun MRT Lebak Bulus dan Fatmawati, Trans Jakarta dengan rute SouthCity-Tanah Abang dan SouthCity-Kuningan, jalan Tol Depok-Antasari melalui pintu tol Andara dan Brigif, serta jalan tol Cinere-Jagorawi melalui pintu tol Cinere, dan jalan tol Cinere-Serpong melalui pintu tol RE Martadinata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com