Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Jadi Ditutup, "Rest Area" Tol Jakarta-Cikampek Dibuka Situasional

Kompas.com - 08/06/2019, 15:49 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. akhirnya memutuskan untuk tidak menutup rest area secara penuh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Meski begitu, rekayasa buka tutup rest area akan dilakukan secara situasional jika terjadi kepadatan.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (8/6/2019), Kakorlantas Polri Refdi Andri mengungkapkan, Kepolisian akan mendukung penuh pelaksanaan buka tutup rest area arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Waspadai Puncak Arus Balik di Tol Trans-Jawa

"Kami akan menambah petugas Kepolisian wilayah di masing-masing area agar titik-titik kepadatan menjelang rest area dapat diantisipasi oleh petugas lebih dini. Selain itu, petugas Kepolisian juga akan membantu proses buka tutup rest area secara situasional," ucap Refdi.

Kepolisian juga akan menindak tegas pengendara yang berhenti sembarangan di bahu jalan untuk mengakses rest area sehingga mengakibatkan kepadatan panjang di lajur.

Meski begitu, Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur tetap mengimbau pengguna jalan untuk sedapat mungkin menghindari rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada saat rekayasa one way berlangsung.

"Kami tetap mengimbau pengguna jalan dapat mampir ke rest area-rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama rest area arah Jakarta. Isi penuh BBM, top up uang elektronik dan beristirahatlah sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ucap Subakti.

Sebelumnya, Jasa Marga berencana akan menutup rest area di Tol Jakarta-Cikampek pada hari Sabtu, 8 Juni 2019 mulai pukul 12.00 sampai pukul 24.00 WIB ditutup.

Rest area yang rencananya akan ditutup adalah yang berada di sepanjang jalan arah Jakarta seperti rest area KM 62B, KM 52B, KM 42B, dan KM 32B.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com