Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"One Way" Juga Diterapkan di Tol Kayu Agung-Pematang Panggang

Kompas.com - 08/06/2019, 15:12 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya Tol Trans-Jawa, rekayasa lalu lintas satu arah atau one way juga diterapkan di Tol Trans-Sumatera, terutama di ruas tol Kayu Agung menuju Pematang Panggang.

"Kalau yang Bakter (Bakauheni-Terbanggi Besar) sampai dengan Pematang Panggang, masih dua arah, belum perlu satu arah. Karena volume lalu lintasnya masih menampung," ujar Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo menjawab Kompas.com, Sabtu (8/6/2019).

Bintang menuturkan, perkiraan jumlah kendaraan yang melalui Tol Trans-Jawa dari Kamis (6/6/2019) hingga tanggal 10 Juni mencapai 15.000 sampai 17.000 kendaraan per hari. Sedangkan puncaknya terjadi pada Kamis yakni sebanyak 20.400 kendaraan.

Baca juga: One Way Arus Balik Mulai Diterapkan Siang Ini

Adapun angka kecelakaan yang tercatat hingga H+1 Lebaran sejumlah 17 kejadian. Dari jumlah tersebut, 1 orang meninggal dunia, 8 orang mengalami luka berat atau dirawat inap, dan 42 orang lainnya mengalami ruka ringan atau dirawat jalan.

Dari total jumlah tersebut, sebanyak 61 persen terjadi karena pengendara mengantuk, 33 persen dikarenakan ban pecah, dan 6 persen karena tabrakan.

Sebagai informasi, selama pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2019, Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 189 kilometer dibuka secara fungsional mulai pukul 06.00 hingga 17.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Sementara guna mendukung kelancaran mudik dan balik Lebaran, BPJT Kementerian PUPR bersama BUJT telah menyediakan sebanyak 12 Tempat Istirahat Sementara (TIS) Tipe C.

TIS tersebut tersebar di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung masing-masing sebanyak 6 rest area.

Rest area Tipe C yang disediakan dilengkapi dengan fasilitas mushola, toilet portable, SPBU modular/kiosk/motoris, UMKM yang menyediakan makanan dan minuman daerah setempat, serta beberapa mobile ATM di beberapa titik rest area.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com