Langkah Ampuh Usir Nyamuk Secara Alami

Kompas.com - 06/06/2019, 19:03 WIB
Ilustrasi nyamuk. Ilustrasi nyamuk.

KOMPAS.com - Nyamuk nyatanya sangat mudah ditemukan di sekitar rumah. Nyamuk pun kerap berkembang biak di sekitar rumah dan bahkan bisa beranak pinak di tempat bersih dan terawat.

Untuk mengusirnya, orang seringkali mengunakan obat berbahan kimia yang berpotensi berdampak buruk bagi kesehatan. Nah, mengapa Anda tidak mencoba alternatif lain?

Tak perlu dengan ongkos mahal, dengan melakukan langkah mudah berikut ini, Anda bisa terhindar dari sararan empuk serangan nyamuk.

Pelihara ikan di kolam

Ikan-ikan bisa memakan jentik nyamuk, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan kolam di pekarangan rumah Anda.

Namun, jika Anda punya kolam mungil tempat minum burung, cobalah menguras dan mengganti airnya setidaknya seminggu sekali.

Ganti warna lampu teras

Cara lain yang dapat Anda terapkan adalah mengganti warna lampu di teras dengan warna kuning. Warna ini disinyalir tidak menarik perhatian nyamuk sehingga tak akan mendekati rumah.

Periksa jendela

Selanjutnya periksa jendela rumah Anda dan pastikan tidak ada lubang yang memungkinkan nyamuk masuk ke dalam rumah.

Selain itu, jangan lupa tutup jendela dan pintu di malam hari, karena nyamuk aktif pada saat itu.

Partikel-partikel plastik menempel di tubuh jentik hingga bertransisi menjadi nyamuk dewasa.science alert Partikel-partikel plastik menempel di tubuh jentik hingga bertransisi menjadi nyamuk dewasa.
Buat angin buatan

Keberadaan angin dapat membuat serangga atau hewan terbang berukuran kecil terganggu. Oleh sebab itu, hadirkanlah angi buatan melalui kipas angin listrik maka nyamuk pun akan menyingkir dari rumah.

Tambahkan wewangian

Usahakan Anda menghindari beberapa jenis wewangian yang disukai oleh nyamuk. Anda juga dianjurkan menghindari wewangian buah dan bunga.

Namun, sumber lain menyatakan bahwa wewangian lavender justeru efektif menyingkirkan nyamuk.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tanaman yang bisa membantu menusir nyamuk seperti serai wangi, lavender ungu, catnip, bawang putih, atau geranium.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X