Yuk, Bikin Teras Rumah Lebih Menawan Sambut Lebaran

Kompas.com - 04/06/2019, 14:28 WIB
Teras mungil Curbed.com/Marie ViljoenTeras mungil

KOMPAS.com - Teras depan berfungsi sebagai ruang penerima tamu atau area tunggu sebelum tamu dipersilakan masuk.

Sementara teras samping bisa menjadi tempat untuk bersantai. Teras belakang, karena posisinya yang lebih tertutup, bisa menjadi ruang makan, tempat melakukan aktivitas hobi dan kumpul keluarga.

Teras juga berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara dan area memasukkan cahaya ke dalam rumah.

Bila sebelumnya hanya sebagai area luar ruangan, namun kini teras juga berfungsi sebagai tempat menerima tamu. Untuk itu, masalah dekorasi dan kenyamanan teras harus diatasi dengan cara ini:

Pilih meja bundar

Jika Anda hendak mendekorasi teras, sebaiknya pilih meja bundar atau oval dan bukannya persegi. Tidak ada orang yang suka duduk di hadapan meja sudut saat sedang bercengkerama. Selain itu, meja bundar lebih mudah dipindahkan dan bisa membuat tamu merasa lebih nyaman.

Gunakan kembali barang lama

Coba periksa loteng, gudang, dan garasi rumah Anda. Siapa tahu masih ada barang yang sudah lama tidak dipakai tetapi justru bermanfaat untuk di teras rumah. Daripada hanya disimpan terus, lebih baik keluarkan barang itu karena masih ada gunanya.

Selain itu, perhatikan pula penggunaan perabot luar ruangan. Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam menata teras minimalis adalah tidak menggunakan furnitur yang didesain khusus untuk ruangan di luar rumah.

Furnitur, khususnya meja dan kursi teras yang ditempatkan sebaiknya terbuat dari material yang tahan lama dan tahan air. Untuk teras, Anda dapat memilih kursi kayu, rotan, atau besi yang tahan terhadap cuaca.

Pot dan tanaman adalah aksesoris paling mudah untuk dihadirkan di teras. Anda tinggal memilih bentuk dan bahannya sesuai selera, seperti pot plastik, tanah liat, atau anyaman tambang yang banyak tersedia di pasar tradisional atau swalayan. www.houzz.com Pot dan tanaman adalah aksesoris paling mudah untuk dihadirkan di teras. Anda tinggal memilih bentuk dan bahannya sesuai selera, seperti pot plastik, tanah liat, atau anyaman tambang yang banyak tersedia di pasar tradisional atau swalayan.
Buat lebih personal

Anda bisa mengekspresikan diri di teras rumah dengan menanam aneka bunga dan tumbuhan.

Tambahkan pula benda-benda lain sebagai penghias seperti menyelipkan botol di antara batang pohon atau menaruh pot tanaman. Anda juga dapat menempatkan barang-barang koleksi pribadi seperti patung di teras.

Selain itu, rangkaian lampu hias juga bisa menyemarakkan suasana Lebaran. Kehadiran lampu hias dengan harga terjangkau bisa membuat suasana teras rumah jadi lebih ramai, tetapi tetap menyenangkan.

Beragam material pilihan pun tersedia, misalnya lampu dan bohlam dari ukuran kecil hingga besar dengan corak polos dan berwarna-warni. Selain lampu hias, Anda juga bisa menambahkan bendera supaya teras tampak lebih meriah

Perhatikan penataan letak tanaman hias

Jika Anda menggunakan tanaman hias sebagai elemen dekorasi teras, ada baiknya memperhatikan penataan dan tata letaknya.

Seringnya, terlalu banyak tanaman hias yang ditempatkan sebagai dekorasi dan membuat tampilan muka rumah jadi tertutupi. Agar teras tetap rapi, Anda dapat menempatkan pot hias secukupya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X