Tim Urai, Kunci Arus Mudik di Jalur Pantura "Lancar Jaya"

Kompas.com - 03/06/2019, 19:40 WIB
Kondisi lalu lintas di Jalur Pantai Utara (Pantura) Karawang, Jawa Barat, Senin (3/6/2019). GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.comKondisi lalu lintas di Jalur Pantai Utara (Pantura) Karawang, Jawa Barat, Senin (3/6/2019).

CIKAMPEK, KOMPAS.com - Tidak hanya Tol Trans-Jawa, jalur pantai utara (pantura) pun dalam kondisi lancar tanpa kepadatan lalu lintas berarti.

Demikian pantauan Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com pada Sabtu (3/6/2019) di jalur pantura Cirebon, Indramayu, hingga Cikampek dan Karawang, Jawa Barat.

Menurut Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto, puncak arus mudik di Jalur Pantura terjadi pada Jumat (31/5/2019) malam.

"Saat itu, kendaraan yang melintasi jalur pantura lebih padat dibanding hari-hari setelahnya. Sama seperti tahun lalu, kendaraan roda dua mendominasi arus mudik tahun ini," terang Suhermanto.

Baca juga: Kisah Para Pemudik, Perjalanan Tahun Ini Lebih Lancar

Lancarnya arus mudik di jalur pantura tahun ini, lanjut Suhermanto, karena koordinasi, dan sinergi lintas sektor, serta strategi terukur dengan target-target yang serba lebih baik.

"Kami selalu berkomunikasi, berkoordinasi, dan bersinergi. Tidak saja dengan Pemerintah Daerah, juga dengan Badan Usaha Jalan tol (BUJT). Karena sistem one way di Tol Trans-Jawa, membuat kami harus mempersiapkan langkah antisipatif yang tepat," jelas Suhermanto.

Oleh karena itu, Polres Cirebon jauh-jauh hari telah menyiapkan sejumlah skenario. Di antaranya membentuk Tim Urai yang bertugas memantau, mengurai, dan mengamankan arus mudik Lebaran 2019.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto saat meninjau arus mudik Lebaran 2019.Dokumentasi Polres Cirebon Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto saat meninjau arus mudik Lebaran 2019.
Tim Urai ini ditempatkan di sejumlah lokasi Jalur Pantura di wilayah kewenangan Kabupaten Cirebon.

Mereka dibekali dengan perangkat telekomunikasi mutakhir, dan mengendarai sepedamotor yang bisa bergerak cepat, lincah, dan efektif.

"Kami kerja jemput bola. Tidak harus menunggu lalu lintas padat. Pokoknya, setiap ada jalur yang tersendat, kami selalu siap mengurainya," tegas Suhermanto.

Seperti diketahui, Cirebon merupakan titik krusial dan perlintasan lalu lintas dari barat menuju tengah dan timur Pulau Jawa.

Baca juga: Berkat One Way, Tol Cikampek dan Cipali Lengang pada H-2 Lebaran

Suhermanto mengatakan, Tim Urai yang bertugas di Jalur Pantura sebanyak 180 personel. Jumlah ini, diakuinya, lebih banyak ketimbang Tim Urai yang ditugaskan di Jalan Tol Trans-Jawa ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), dan Tol Pejagan-Pemalang (Brebes Barat).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X