Kompas.com - 31/05/2019, 20:11 WIB
Foto udara simpang susun bandar di Tol Surabaya-Mojokerto di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Mojokerto termasuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa dan sudah dapat dilintasi para pemudik. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGFoto udara simpang susun bandar di Tol Surabaya-Mojokerto di Jawa Timur, Selasa (5/6/2018). Tol Surabaya-Mojokerto termasuk dalam jaringan Tol Trans-Jawa dan sudah dapat dilintasi para pemudik.

KOMPAS.com - Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI) Harsono Yohanes mengatakan, H-6 Lebaran 2019 terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 48 persen dari Lalu lintas Harian Rata-Rata (LHR) 27.600 kendaraan per hari di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Dari jumlah tersebut, rerata kendaraan yang melintasi jalan bebas hambatan ini sebesar 40.500 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harsono memperkirakan, untuk ruas tol ini tidak terjadi kemacetan. Meski demikian, dia mengimbau pengendara untuk mengantisipasi kepadatan di beberapa rest area.

"Kalau jalur mudik dari Surabaya lurus-lurus aja dan mestinya tidak ada simpul kemacetan kalau di jalan tol. Paling ada sedikit kepadatan di rest area-rest area," ucap Harsono kepada 88.com, Jumat (31/5/2019).

Meski begitu, Harsono mengatakan, jumlah kendaraan ini diproyeksikan masih akan meningkat. Ini karena puncak arus mudik di Jalan Tol Surabaya-Mojokerto diperkirakan terjadi pada H-5 dan H-4 Lebaran atau pada tanggal 31 Mei dan 1 Juni 2019.

Jalan Tol Surabaya-Mojokerto dibangun sepanjang 36,27 an terbagi menjadi beberapa seksi, yakni seksi IA Waru-Sepanjang dengan panjang 2,3 kilometer dan seksi IB Sepanjang-Western Ring Road sepanjang 4,3 kilometer.

Ada pula Seksi II WRR-Driyorejo sepanjang 5,1 kilometer, seksi III Driyo-Krian sepanjang 6,1 kilometer serta seksi IV Krian-Mojokerto Kota sepanjang 18,47 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.