Tips Mencegah Pencurian Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 29/05/2019, 21:43 WIB
Ilustrasi pencurivchal Ilustrasi pencuri

KOMPAS.com - Rumah yang sedang ditinggal apalagi dalam waktu lama mrupakan sasaran empuk bagi para pencuri. Terlebih saat musim mudik Lebaran seperti ini.

Sebelum meninggalkan rumah, ada baiknya Anda memerhatikan hal-hal berikut agar terhindar dari pencurian:

Menggunakan sistem pemantauan rumah

Keamanan rumah sangat penting dan ada banyak pilihan untuk dipilih. Jadi pastikan Anda memilih satu yang cocok dengan rumah Anda.

Beberapa sistem keamanan rumah memungkinkan Anda untuk melihat video langsung dari jarak jauh dari ponsel maupun perangkat digital lainnya, sehingga Anda dapat melihat apa yang terjadi secara real-time.

Atur nyala lampu

Lampu menyala saat siang hari merupakan tanda bahwa rumah Anda kosong. Untuk itu jangan menghidupkan lampu atau barang elektronik sepanjang hari selama ditinggal mudik.

Salah satu cara agar lampu tidak selalu menyala adalah dengan memasang timer. Anda dapat mengatur waktu nyala lampu hanya pada jam-jam tertentu sehingga tidak mengundang pencuri yang biasanya beraksi saat rumah sedang ditinggal penghuninya.

IlustrasiPIXABAY/PEXELS Ilustrasi
Jangan meninggalkan kunci

Kebiasaan banyak orang saat meninggalkan rumah adalah menyembunyikan kunci di tempat tersembunyi seperti di bawah karpet atau di dekat jendela.

Saat akan meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama, usahakan jangan meninggalkan kunci di tempat-tempat tersebut.

Tinggalkan kunci bersama keluarga atau kerabat

Jika Anda akan meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama, Anda dapat menitipkan kunci kepada keluarga atau kerabat terdekat. Dengan cara ini, mereka bisa mampir sekali atau dua kali untuk melihat kondisi rumah.

Selain itu, Anda juga dapat menitipkan rumah pada tetangga sekitar sehingga mereka bisa turut membantu mengawasi selama ditinggal mudik.

Ilustrasi media sosialshutterstock Ilustrasi media sosial
Jaga unggahan di media sosial

Media sosial kini dapat digunakan oleh orang-orang yang memiliki niat buruk untuk mencari tahu kebiasaan dan aktivitas seseorang.

Untuk menjaga privasi, sebaiknya jangan mengunggah apapun tentang kegiatan dan jadwal pulang kampung guna menghindari kejahatan.

Selain itu, jangan berikan informasi apapun terkait data diri seperti alamat rumah dan alamat tujuan.

Jika Anda memiliki anak atau kerabat yang masih remaja, cobalah untuk mendiskusikan hal ini dengan mereka dan menjadikannya aturan keluarga.

Ilustrasi pintu.www.qonser.com Ilustrasi pintu.
Kunci barang berharga di tempat aman

Setiap pencuri biasanya memeriksa kamar terlebih dahulu saat akan melancarkan aksinya. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan temppat khusus yang sekiranya tersembunyi, seperti di dapur atau lemari kamar mandi dalam wadah yang tidak mencolok.

Lebih baik lagi jika Anda menggunakan brankas untuk menyimpan barang-barang tersebut.

Biarkan tirai jendela seperti biasanya

Sebelum Anda pergi, putuskan apakah akan menutup atau embuka tirai rumah. Tirai yang tertutup dapat menyembunyikan isi hunian Anda, namun hal ini juga akan menyulitkan tetangga dan kerabat saat mengunjungi rumah.

Biarkan tirai rumah persisi seperti biasanya dan jangan membuat perubahan. Sebelum berangkat, pindahkan barang-barang mahal seperti peralatan elektronik ke tempat yang tidak terlihat dari jendela.




Close Ads X