4 Tips Mencari Rumah Impian Beda Kota

Kompas.com - 29/05/2019, 12:24 WIB
Ilustrasi pindah rumahThinkstock Ilustrasi pindah rumah

KOMPAS.com - Ada berbagai alasan bagi seseorang atau keluarga untuk pindah rumah. Mulai dari pensiun sehingga harus pindah dari rumah dinas hingga dipindahtugaskan ke tempat lain.

Ketika memutuskan untuk pindah ke kota baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah menemukan tempat tinggal atau rumah yang sesuai.

Ini karena mendapatkan kepastian sebelum pindah dapat mengurangi tekanan yang biasanya dirasakan seseorang sebelum beralih ke area baru.

Pindah rumah ke kota lain juga seringkali menimbulkan stres, menghabiskan biaya mahal dan menyita waktu.

Meski demikian, jika dilakukan secara sistematis dan efisien pindah rumah tidak buruk seperti yang dibayangkan. Untuk itu, Anda perlu menerapkan beberapa tips seperti:

Meminta bantuan di kota tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta bantuan. Anda dapat mempekerjakan agen real estat berpengalaman atau meminta bantuan kenalan di kota tujuan.

Mereka akan dapat menjadi pemandu lokal Anda selama proses ini, jadi pastikan Anda melakukan penelitian saat meminta bantuan seseorang yang dapat Anda percayai.

Setelah menemukan orang yang tepat, Anda dapat meminta rujukan tentang lokasi yang sesuai untuk rumah baru.

Jika menggunakan jasa agen, pastikan selalu memverifikasi bahwa agen baru tersebut sesuai dengan Anda.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda akan cocok atau tidak adalah dengan mewawancarai mereka, meskipun itu hanya melalui telepon.

Ilustrasishutterstock Ilustrasi
Pertimbangkan menyewa rumah terlebih dahulu

Membeli rumah adalah keputusan besar. Jika Anda adalah orang baru di tempat tujuan, sebeum mempertimbangkan untuk memiliki rumah sendiri, ada baiknya menyewa terlebih dahulu.

Menyewa sebelum membeli pada dasarnya memberi kesempatan untuk mengenal area baru agar Anda terbiasa dengan suasana di tempat tujuan.

Lakukan riset sendiri

Meski Anda memiliki kerabat atau menggunakan jasa agen real estat, Anda tetap harus melakukan riset sendiri ke area baru.

Halaman:



Close Ads X