Xiqu, Gedung Pertunjukan dengan Fasad Sirip Ikan

Kompas.com - 29/05/2019, 09:00 WIB
Xiqu Center Hong Kong Ema PeterXiqu Center Hong Kong

KOMPAS.com - Xiqu Center Hong Kong merupakan gedung yang dibangun delapan lantai ini didesain dengan fasad yang melengkung halus dengan tekstur yang tidak begitu halus dan seolah menjadi tirai bangunan.

Xiqu Center Hong Kong Ema Peter Xiqu Center Hong Kong
Rancangan unik gedung ini sendiri didesain oleh Revery Architecture (sebelumnya Bing Thom Architects) dengan firma lokal Ronald Lu & Partners.

Xiqu yang dalam bahasa Mandarin berarti opera, seolah merujuk pada fungsi bangunan yang menjadi gedung seni dan pertunjukan.

Gedung seluas 30.000 meter persegi ini menampilkan lebih dari 13.000 sirip aluminium pada fasadnya.

Efeknya, gedung pertunjukan ini terlihat terbungkus tirai panggung metalik.

Setiap struktur sirip alumunium dibuat secara strategis untuk mengungkap pintu masuk sudut dan beberapa bukaan seperti jendela yang mendukung ventilasi alami.

Rangkaian sirip tersebut juga membuat ilusi seolah bagian fasad tampak saling tumpang tindih atau seperti panel tirai yang berdekatan.

Xiqu Center Hong Kong Ema Peter Xiqu Center Hong Kong
Untuk bentuk fasadnya, para arsitek terinspirasi dari tirai panggung dan juga dari kostum dramatis yang dikenakan oleh pemain xiqu.

Bentuk unik ini dibuat dengan menggunakan software 3D modelling untuk mengotimalkan bentuk geomtri pada sirip.

Setiap sirip dipotong dari potongan aluminium ekstrusi yang melengkung untuk menghasilkan dua bilah mirip gelombang yang identik dan asimetris.

Xiqu Center Hong Kong Ema Peter Xiqu Center Hong Kong
Sirip tersebut kemudian disusun ujung-ke-ujung secara bergantian untuk membuat kurva berliku yang berombak-ombak pada permukaan bangunan. Setiap sirip didesain vertikal dan dipasang pada ke panel aluminium setebal 3 milimeter.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X