Inspirasi Desain Rumah 20 Meter Persegi

Kompas.com - 29/05/2019, 08:00 WIB
Love2 House KOJI FUJII / Nacasa&Partners IncLove2 House

KOMPAS.com - Kreasi rumah mungil kini semakin berkembang. Sebuah hunian dengan luas kurang dari 20 meter persegi di Jepang mampu disulap menjadi rumah yang nyaman.

Rumah yang diberi nama Love2 House ini dirancang oleh arsitek Takeshi Hosaka. Ia mendapatkan lahan seluas 31,41 meter persegi di Tokyo dan membaginya menjadi dua, masing-masing seluas 18,84 meter persegi.

Love2 House KOJI FUJII / Nacasa&Partners Inc Love2 House
Rumah ini terinspirasi dari hunian Hojyo Square seluas 9,18 meter persegi karya Choumei dan Cabanon Cabin karya Le Corbusier seluas 16,85 meter persegi.

"Saya ingin merealisasikan di dalam rumah kecil ini, lima elemen ideal gaya Romawi yakni belajar, teater, musik, permandian, dan gastronomi," ujar arsitek kelahiran Jepang itu.

Rumah ini didesain dengan dua buah atap melengkung yang berbentuk cangkang, sehingga penghuni bisa mendapatkan akses langsung ke cahaya matahari.

Love2 House KOJI FUJII / Nacasa&Partners Inc Love2 House
Kedua struktur tersebut digabung pada ketinggian yang berbeda dan membuat bentuk rumah yang sederhana.

Atap cangkang bentuknya lurus untuk menyatu dengan lingkungan, tetapi bagian atas cangkangnya sedikit melengkung.

Meski tidak ada pasokan cahaya matahari langsung saat musim dingin, namun atap kerucut rumah mampu membuat sejumlah cahaya masuk.

Sementara saat musim panas, cahaya matahari dapat langsung menyinari interior rumah.

Love2 HouseKOJI FUJII / Nacasa&Partners Inc Love2 House
Selain itu, rumah kecil ini juga terbuat dari tujuh buah dinding yang memisahkan tiga zona utama yakni ruang makan, dapur, dan kamar tidur.

Denah rumah dibuat dengan bentuk persegi panjang. Dari pintu masuk, terdapat ruang aktivitas yang dapat digunakan sebagai tempatt kerja dan pertemuan. Kemudian, di belakangnya terdapat dapur yang dibatasi oleh dinding beton setinggi satu meter.

Kemudian di belakang dapur terdapat tempat tidur dan pintu belakang yang mengarah ke kamar mandi terbuka yang dilengkapi bathtub.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X