Inovasi Baru, Jalur Sepeda di Tengah Danau

Kompas.com - 28/05/2019, 17:00 WIB
Jalur sepeda di Limbur, BelgiaLuc Daelemans Jalur sepeda di Limbur, Belgia

KOMPAS.com - Menyeberangi kolam maupun danau dengan menggunakan perahu mungkin sudah tak asing. Namun bagaimana jika dengan bersepeda di antara air?

Sebuah jalur sepeda di Belgia utara menawarkan pengalaman yang unik. Di jalur ini, pesepeda dapat mengayuh sepeda sekaligus menyeberang danau besar di cagar alam De Wijers. 

-Luc Daelemans -
Di sisi kanan dan kiri jalur yang dibangun di Limburg ini, terdapat kolam luas yang dipisahkan oleh jalam beton.

Jalur khusus ini juga merupakan bagian dari upaya mempertahankan reputasi Limburg sebagai pusat kegiatan bersepeda di Belgia.

Untuk itu pemerintah setempat kemudian membuat jalur alternatif khusus yang memotong kolam pada 2016. Dengan adanya jalur unik itu, wilayah Limburg memiliki sekitar 2.000 kilometer jalur sepeda.

"Kami tidak ingin membuat mil (jalur) lebih banyak tetapi kami ingin membuat yang jauh lebh baik," ujar pengembang proyek, Igor Philtjens.

-Luc Daelemans -
Pembangunan jalur sepeda dikombinasikan dengan proyek konservasi alam di kolam sekitarnya. Pembangunan ini membuat kualitas air di Limburg meningkat.

Jalur sepeda yang memotong kolam itu dibangun sepanjang 212 meter dengan lebar jalur tiga meter dan tinggi dua meter.

Sejak dibuka, jalur unik ini dikunjungi 800 pengendara setiap hari. Selain itu, di kedua ujung jalur terdapat area piknik yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Jalur ini bahkan pernah masuk dalam salah satu daftar Worlds Greatest Places tahun 2018 oleh Time dan memenangkan penghargaan di Australia dan Amerika untuk karya arsitektur lansekap.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X