Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Ini Dibuka Gratis Saat Mudik

Kompas.com - 25/05/2019, 15:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai pekan depan, masyarakat akan menjalani ritual tahunan, mudik ke kampung halaman.

Mengacu jadwal libur nasional ditambah cuti bersama akan berlangsung selama 11 hari, yang dihitung mulai dari 30 Mei 2019.

Tahun ini, jalan tol diprediksi kembali menjadi primadona pemudik yang melakukan perjalanan. Apalagi dengan telah tersambungnya Tol Trans Jawa secara penuh mulai dari Merak sampai Probolinggo.

Namun untuk diketahui, meski sebagian besar ruas tol ini telah beroperasi, ada juga yang akan dibuka fungsional dan operasional namun belum bertarif. Untuk ruas-ruas tersebut, pemudik dapat melintasinya secara gratis.

Dimanakah ruas yang dimaksud?

1. Tol Pandaan-Malang

Gerbang Tol Singosari di Jalan Tol Pandaan-MalangDokumentasi Jasa Marga Gerbang Tol Singosari di Jalan Tol Pandaan-Malang

Jalan tol yang dikelola PT Jasamarga Pandaan Malang ini memiliki panjang 38 kilometer. Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Seksi 1-3 Pandaan-Singosari sepanjang 30,6 kilometer.

Meski telah diresmikan, namun tol ini belum bertarif saat musim mudik dan lebaran ini. Selain itu, operator juga akan membuka secara fungsional Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,7 km.

2. Tol Manado-Bitung

Pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap 1 Manado-Airmadidi dan tahap 2 Airmadidi-Bitung.Dok. Kementerian ATR/BPN Pembangunan jalan tol ini dibagi menjadi dua tahap, yakni tahap 1 Manado-Airmadidi dan tahap 2 Airmadidi-Bitung.

Jalan tol sepanjang 39,9 kilometer ini juga akan dibuka fungsional saat lebaran kali ini. Sebelumnya, tol ini telah dibuka fungsional saat Natal dan Tahun Baru.

Secara keseluruhan, progres konstruksi tol ini telah mencapai 64,92 persen dengan pembebasan lahan mencapai 92,99 persen.

3. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

Kepala BPJT Danang Parikesit saat mendengarkan paparan terkait perkembangan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang.Kementerian PUPR Kepala BPJT Danang Parikesit saat mendengarkan paparan terkait perkembangan ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang.

Jalan tol ini merupakan terusan dari Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah beroperasi terlebih dahulu.

Tol ini terbagi ke dalam dua seksi yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang sepanjang 112 kilometer yang konstruksinya sudah mencapai 91,24 persen.

Kemudian pada Seksi II ruas Pematang Panggang–Kayu Agung sepanjang 77 kilometer yang konstruksinya telah mencapai 95,23 persen.

Awal bulan ini, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri telah melakukan uji laik fungsi dan operasi. Hal itu dilakukan dalam rangka persiapan operasi tol ini dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com