Jelang Olimpiade Paris 2024, Area Menara Eiffel Dirancang Ulang

Kompas.com - 23/05/2019, 14:44 WIB
Area di sekitar Menara Eiffel, Paris, Perancis. Dezeen.comArea di sekitar Menara Eiffel, Paris, Perancis.

KOMPAS.com - Studio arsitektur lanskap asal London, Gustafson Porter+Bowman, memenangi kompetisi desain ulang area di sekitar Menara Eiffel, Paris, Perancis, khususnya untuk proyek Site Tour Eiffel.

Desain yang dibuat dalam rangka menghadapi Olimpiade Paris 2024 itu bertujuan untuk mengatur masalah keramaian pengunjung dan meningkatkan pelayanan di tempat yang menjadi tengara (landmark) Paris tersebut.

Gustafson Porter+Bowman memberi nama One Line untuk desain yang diciptakannya. Mereka menambahkan lebih banyak penghijauan di kedua sisi area Menara Eiffel.

Penghijauan itu akan dibuat untuk koridor hijau Palais de Chaillot di Place du Trocadero dan Ecole Militaire di Place Joffre. Nantinya terdapat amfiteater di Trocadero dan ruang publik yang lebih besar di sekitar Varsovie Fountains.

Desain penambahan area hijau di sekitar Menara Eiffel, Paris, Perancis.Dezeen.com Desain penambahan area hijau di sekitar Menara Eiffel, Paris, Perancis.

Adapun Pont d'Iéna akan diubah menjadi jembatan hijau, sedangkan Champ de Mars akan memiliki dua lapangan baru beserta halaman rumput.

"Desain ini akan menyatukan dua peran Eiffel yang merupakan lanskap bersejarah, yaitu sebagai taman klasik di Perancis yang menggambarkan kekuatan dan taman yang indah sebagai tempat eksperimen seni," ujar arsitek Gustafson Porter+Bowman, seperti dilansir Dezeen.com, Rabu (22/5/2019).

Dia menuturkan, dalam lanskap kota ini, jalur dan taman hijau disediakan untuk menjadi bingkai yang menghiasi dan memperindah bagian tengah.

Desain ulang area penghijauan di sekitar Menara Eiffel, Paris, Perancis.Dezeen.com Desain ulang area penghijauan di sekitar Menara Eiffel, Paris, Perancis.

Di taman baru One Line tersebut nantinya pohon baru ditanam untuk menambah keanekaragaman hayati.

Ini merupakan wujud dari komitmen Paris untuk mengadakan olimpiade yang paling berkelanjutan.

Tahap pertama dari proyek One Line ini akan selesai pada 2023, sebelum penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024.

Sementara itu, perusahaan konstruksi Populous and Egis telah mengembangkan rencana induk untuk pembangunan panggung untuk berbagai acara olahraga, di mana para penonton akan bisa melihat Menara Eiffel dan lanskap lainnya di Paris.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Dezeen.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X