Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balok Baja Terlepas dari Truk, Tol Jakarta-Cikampek Macet Panjang

Kompas.com - 22/05/2019, 09:55 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tersendat pada Rabu pagi (22/5/2019) sejak Simpang Susun (SS) Cikunir. 

Antrean panjang kendaraan ini dipicu akibat bergesernya Steel I-Girder (SIG) atau balok baja Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) dari truk multi-axle.

Kecelakaan yang terjadi pada pukul 04.00 WIB di KM 28+600 ini menutup satu lajur jalan. Akibatnya, PT Jasamarga Jakarta Cikampek menutup dua lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

General Manager PT Jasamarga Jakarta Cikampek Raddy R Lukman mengatakan, penutupan dua lajur dari empat lajur dilakukan sejak KM 29 A atau dekat Kali Cikarang.

Baca juga: Macet di Tol Jakarta-Cikampek saat Mudik, Ini Jurus Pengelola

"Untuk mengatasi antrean panjang kendaraan, kami memberlakukan sistem lalu lintas contraflow," terang Raddy menjawab Kompas.com, Rabu (22/5/2019).

Sementara itu Pimpinan Proyek PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek Iwan Dewantoro menambahkan, posisi SIG sepanjang 108 meter berubah dan bergeser saat terjadi proses pemindahan.

"Sehingga untuk keselamatan dan kendali kualitas, SIG saat ini diamankan di lajur 1 dan akan dipindahkan ke area kerja," kata Iwan.

Guna menjaga kondisi lalulintas kembali normal, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek melakukan contra flow dari KM 28-KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 08.00 WIB.

Contraflow diberlakukan hingga proses pemindahan SIG selesai, yang diperkirakan dapat diselesaikan pada pukul 12.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com