Balok Baja Terlepas dari Truk, Tol Jakarta-Cikampek Macet Panjang

Kompas.com - 22/05/2019, 09:55 WIB
Lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Jawa Barat tersendat pada Rabu pagi (22/5/2019). Sejak Simpang Susun (SS) Cikunir, antrean panjang kendaraan ini dipicu akibat bergesernya Steel I-Girder (SIG) atau balok baja Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) dari truk multi-axle. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGLalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Jawa Barat tersendat pada Rabu pagi (22/5/2019). Sejak Simpang Susun (SS) Cikunir, antrean panjang kendaraan ini dipicu akibat bergesernya Steel I-Girder (SIG) atau balok baja Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) dari truk multi-axle.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek tersendat pada Rabu pagi (22/5/2019) sejak Simpang Susun (SS) Cikunir. 

Antrean panjang kendaraan ini dipicu akibat bergesernya Steel I-Girder (SIG) atau balok baja Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) dari truk multi-axle.

Kecelakaan yang terjadi pada pukul 04.00 WIB di KM 28+600 ini menutup satu lajur jalan. Akibatnya, PT Jasamarga Jakarta Cikampek menutup dua lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

General Manager PT Jasamarga Jakarta Cikampek Raddy R Lukman mengatakan, penutupan dua lajur dari empat lajur dilakukan sejak KM 29 A atau dekat Kali Cikarang.

Baca juga: Macet di Tol Jakarta-Cikampek saat Mudik, Ini Jurus Pengelola

"Untuk mengatasi antrean panjang kendaraan, kami memberlakukan sistem lalu lintas contraflow," terang Raddy menjawab Kompas.com, Rabu (22/5/2019).

Sementara itu Pimpinan Proyek PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek Iwan Dewantoro menambahkan, posisi SIG sepanjang 108 meter berubah dan bergeser saat terjadi proses pemindahan.

"Sehingga untuk keselamatan dan kendali kualitas, SIG saat ini diamankan di lajur 1 dan akan dipindahkan ke area kerja," kata Iwan.

Guna menjaga kondisi lalulintas kembali normal, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek melakukan contra flow dari KM 28-KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 08.00 WIB.

Contraflow diberlakukan hingga proses pemindahan SIG selesai, yang diperkirakan dapat diselesaikan pada pukul 12.00 WIB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X