Waspadai Titik Rawan Macet di Tol Tangerang-Merak

Kompas.com - 22/05/2019, 03:08 WIB
Pekerjaan penambahan kapasitas Tol Tangerang-Merak segmen Cikupa-Balaraja. Astra Tol Tangerang-MerakPekerjaan penambahan kapasitas Tol Tangerang-Merak segmen Cikupa-Balaraja.

MERAK, KOMPAS.com - Tol Tangerang-Merak merupakan titik awal dari jaringan Jalan Tol Trans-Jawa.

Tidak seperti ruas tol lainnya, koridor ini punya karakteristik khas, yakni sebagai simpul vital arus kendaraan logistik menuju Pulau Sumatera.

Ruas ini diprediksi mengalami peningkatan volume kendaraan 19,3 persen menjadi 173.900 kendaraan, dibandingkan lalu lintas harian rata-rata (LHR) sebanyak 145.749 kendaraan. 

Selain itu, menurut CEO Toll Road Business Group Astra Infra Krist Ade Sudiyono, tol sepanjang 72 kilometer ini juga merupakan jalur "silaturahmi", yang dimanfaatkan warga berwisata pada H+1 Lebaran.

"Ini karakteristiknya berbeda ya. Dan kami prediksi akan ada peningkatan kendaraan. Kami akan terus berkoordinasi dengan kepolisian dan kementerian perhubungan," kata Ade menjawab Kompas.com.

Ada pun titik rawan kemacetan di ruas tol ini terdapat di gerbang tol (GT) Merak pada arus mudik menuju pelabuhan Merak. 

Kepadatan di titik ini bakal terjadi pada H-5 (Jumat (31 Mei 2019) hingga H-3 (Minggu 2 Juni 2019).

Baca juga: Merapah Trans Jawa 4.0 Mudik Asyik Mudik Inspiratif Dimulai

Kemudian GT Cilegon Timur dan Cilegon Barat pada arus wisata menuju loaksi wisata Anyer-Carita pada hari H (Rabu 5 Juni 2019) hingga H+3 Lebaran (Minggu 9 Juni 2019).

Selanjutnya GT Serang Timur pada arus wisata menuju kawasan Serang-Pandeglang-Rangkasbitung pada hari H (Rabu 5 Juni 2019) hingga H+3 Lebaran (Minggu 9 Juni 2019).

Untuk mengatasi hal itu, Astra Infra selaku pengelola tol, menerapkan manajemen situasional. Di antaranya menangani antrean menuju Pelabuhan Merak melalui penampungan kendaraan di Jalan Cikuasa. 

Untuk itu, Astra Infra mengimbau pemudik untuk memanfaatkan waktu istirahat di rest area KM 43 A dan 68 A, untuk kemudian melanjutkan dan mengalihkan perjalanan melalui GT Cilegon Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X