Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Lokasi Tempat Istirahat di Sepanjang Tol Trans Sumatera

Kompas.com - 21/05/2019, 22:52 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini sepanjang 503 kilometer ruas Tol Trans Sumatera akan dibuka untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik lebaran.

Dari total panjang jalan tersebut 281 kilometer di antaranya berstatus operasional dan 222 kilometer berstatus fungsional.

Ada dua ruas yang akan dibuka fungsional yaitu Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer. Ruas ini nantinya dibuka fungsional dua jalur.

Sedangkan ruas kedua yaitu Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33 kilometer yang hanya dibuka fungsional satu jalur.

Adapun ruas yang dibuka operasional meliputi Bakauheni-Terbanggi Besar (140,4 km), Palembang-Indralaya (21,9 km), Medan-Binjai (13,2 km), Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (62,2 km) dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa (42,7 km).

Baca juga: Pemudik, Catat Informasi Lengkap Tarif dan Fasilitas Tol Trans-Jawa

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menuturkan, sejauh ini ada sebelas tempat istirahat dengan pelayanan (TIP) yang tersebar di sepanjang ruas Tol Trans Sumatera.

"Kalau di Terbanggi Besar-Kayu Agung-Palembang kan masih fungsional, itu ada beberapa yang nanti sementara saja," kata Basuki di Kompleks Parlemen, Selasa (21/5/2019).

Adapun kesebelas TIP itu berada di KM 65 A dan B ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, KM 33 A, KM 33 B, KM 87 A, KM 87 B, KM 115 A dan KM 115 B ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Berikutnya di ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, keberadaan TIP terletak di KM 162 A, KM 171 B, KM 207 A, KM 213 B, dan KM 233 B.

Sekedar informasi jalur A merupakan jalur keberangkatan sedangkan jalur B merupakan jalur balik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com