Puncak Mudik 31 Mei, Cikarang Utama Bakal Dilintasi 150.000 Kendaraan

Kompas.com - 20/05/2019, 12:32 WIB
GM Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman Kompas.com/DANI PRABOWOGM Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pemudik yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Tol Jakarta-Cikampek diprediksi meningkat pada tahun 2019 ini. Hal itu menyusul harga tiket pesawat yang dinilai masih mahal.

Namun, karena GT Cikarang Utama dipindahkan ke Cikampek Utama, peningkatan volume kendaraan itu tidak akan menumpuk di satu tempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman menerangkan, kendaraan yang melintasi GT Cikarang Utama akan mencapai puncaknya pada H-5 Lebaran atau Jumat 31 Mei 2019.

"Volumenya sekitar 125.000 kendaraan. Lebih banyak ketimbang tahun lalu sekitar 130.000-an kendaraan. Tapi,  tahun ini tidak ada transaksi di GT Cikarang Utama," kata Raddy menjawab Kompas.com, Senin (20/5/2019).

Sementara pada puncak balik H+3 Minggu 9 Juni 2019, GT Cikarang Utama akan dilintasi 150.000 kendaraan.

Adapun volume kendaraan yang melewati GT Cikampek Utama di KM 70 pada periode puncak mudik diprediksi mencapai 90.000 unit.

Hal ini seiring berlakunya sistem one way, yang memungkinkan terjadinya "pemecahan" kepadatan ke dua arah, Bandung dan Cirebon.

"Sedangkan puncak balik kami prediksi sebanyak 98.000 kendaraan," tambah Raddy.

 

Baca juga: Volume Kendaraan, Alasan GT Cikarang Utama Dipindah

Periode One Way

Selain harga tiket yang mahal, Raddy melanjutkan, peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi darat via jalan tol juga disebabkan karena adanya rencana penerapan sistem satu arah atau one way oleh pemerintah pada 30 Mei-2 Juni saat arus mudik dan 8-10 Juni saat arus balik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.