Ide Menarik Bangun Ruko dan Rukan di Lahan 44 Meter Persegi

Kompas.com - 18/05/2019, 23:00 WIB
Sarugaku Plural Directed Tower Takumi Ota Sarugaku Plural Directed Tower

KOMPAS.com - Studio Masatoshi Hirai Arschitect asal Jepang merancang gedung dengan beberapa fungsi yakni rumah untuk beberapa keluarga, toko, sekaligus kantor.

Sarugaku Plural Directed TowerTakumi Ota Sarugaku Plural Directed Tower
Uniknya, meski memiliki beragam fungsi, bangunan ini berdiri di atas lahan seluas 44 meter persegi.

Bangunan bernama Sarugaku Plural Directed Tower tersebut dibangun dengan material Cross Laminated Tomer (CLT) yang diproduksi di desa-desa di pegunungan Jepang

Arsitek menggabungkan ruang tamu dan ruang kerja. Gedung empat lantai tersebut memanjang dan berfungsi layaknya bangunan mixed-use dengan fungsi tamabahan seperti toko dan perkantoran pada lantai kedua.

"Tidak seperti kondominium dan bangunan perkantoran, dia (arsitek) memadukan tempat kerja dan hunian yang membentuk tipologi baru yang melibatkan satu sama lain," ujar studio itu.

Bentuk rumah yang menyempit sendiri dirancang agar selaras dengan topografi lokasi sudutnya. Rumah sendiri dibentuk ramping pada satu sudut dan melebar ke belakang.

Sementara bangunannya didirikan dengan total empat buah lantai. Pada bagian atap terdapat rooftop yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Sarugaku Plural Directed TowerTakumi Ota Sarugaku Plural Directed Tower
Rancangan bangunan sendiri bertujuan agar penghuni terhubung langsung dengan ruang kerja. Area kerja terekspos dari luar dan hanya menampilkan kaca sebagai pembatas.

Sedangkan area hunian yakni lantai tiga dan empat dirancang tertutup untuk memberikan privasi pada penghuni rumah.

Untuk mencapai area hunian, ditambahkan tangga penghubung di sisi-sisi bangunan, sehingga penghuni bisa langsung menuju ke rumah tanpa harus melewati dua lantai di bawahnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X