4 Prinsip Menata Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

Kompas.com - 18/05/2019, 14:14 WIB
Beberapa faktor dan elemen tata ruang perlu diperhatikan untuk menciptakan suasana kondusif untuk kenyamanan kerja di rumah.

DekorumaBeberapa faktor dan elemen tata ruang perlu diperhatikan untuk menciptakan suasana kondusif untuk kenyamanan kerja di rumah.

KOMPAS.com - Di tengah kemudahan teknologi, banyak profesi dan jenis pekerjaan yang tidak memerlukan ruang kantor.

Kerja di rumah dianggap lebih efektif karena dapat terhindar dari kemacetan yang menguras energi dan waktu. Selain itu, kamu juga bisa lebih fleksibel membagi waktu untuk mengerjakan aktivitas lainnya.

Namun, hunian perlu mengakomodasi kebutuhan ruang untuk menunjang aktivitas kerja di rumah. Pasalnya, rumah tidak seperti kantor yang memang didesain secara khusus untuk bekerja.

Ruang kerja di rumah perlu dibuat ergonomis dengan memperhatikan faktor apa saja yang dapat meningkatkan produktivitas dan menghindari hal-hal yang dapat memecah fokus saat bekerja di rumah.

Ikuti keempat prinsip penataan ruang kerja berikut agar suasana kerja di rumah tetap terasa kondusif selayaknya bekerja di kantor.

Menyediakan Ruang Khusus

Menyediakan ruang khusus.Dekoruma Menyediakan ruang khusus.
Tidak perlu membangun ruangan baru untuk membuat ruang kerja di rumah. Ruang kerja dapat dihadirkan dengan memanfaatkan sudut kosong di ujung lorong atau area kosong di bawah tangga.

Namun yang terpenting, ruang khusus untuk kerja di rumah perlu dipisahkan dari ruangan lainnya.

Ruang kerja di rumah sebaiknya ditempatkan jauh dari sumber keramaian, terutama ruangan yang paling sering digunakan seperti dapur dan ruang kumpul.

Aktivitas yang dilakukan oleh keluarga lain dapat mengganggu konsentrasi saat kerja di rumah.

Hindari juga penempatan ruang kerja di bagian depan rumah karena dekat dengan suara bising yang berasal dari luar.

Memilih Furnitur yang Mendukung

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X