Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Nasional Siap Digunakan Pemudik H-10 Lebaran

Kompas.com - 15/05/2019, 12:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya jalan tol yang disiapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam menghadapi musim Lebaran 2019, tetapi juga kondisi jalan nasional.

Saat ini, peningkatan kualitas jalan nasional di Pulau Jawa terus dilakukan guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik.

"Kalau di Jawa kan idolanya masih tol. Kita dengan adanya tol Trans Jawa, kemudian jalan nasional sudah rigid," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di kantornya, Jumat (10/5/2019).

Sejauh ini, kondisi jalan nasional di empat lintas sepanjang 4.407 kilometer berada dalam kondisi mantap dengan progres di atas 80 persen.

Untuk jalan nasional Pantai Selatan Jawa sepanjang 981 kilometer dalam kondisi mantap 83 persen. Sementara, jalur Lintas Selatan Jawa sepanjang 888 kilometer dalam kondisi mantap 98 persen.

Baca juga: Waspadai Titik-titik Macet Ini saat Mudik Lebaran

Demikian pula untuk Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.197 kilometer yang dalam kondisi mantap 93 persen, dan Lintas Utara Jawa sepanjang 1.341 kilometer yang dalam kondisi mantap 97 persen.

Dirjen Bina Marga Sugiyartanto menuturkan, untuk memperlancar arus kendaraan saat mudik dan balik, sejumlah pekerjaan rekonstruksi jalan seperti pengecoran dan overlay akan dihentikan sementara sejak H-10 hingga H+10 lebaran.

"Untuk Pantura sebagian sudah, H-10 sudah siap," kata Sugiyartanto.

Kesiapan serupa juga terjadi untuk ruas jalan nasional yang berada di wilayah Sumatera sepanjang 7.918 kilometer. Untuk Jalan Lintas Barat sepanjang 2.563 kilometer kondisi jalan mantap 97 persen.

Sementara, untuk Jalan Lintas Timur sepanjang 3.017 kilometer dalam kondisi mantap 93 persen dan Jalan Lintas Tengah sepanjang 2.338 kilometer dalam kondisi mantap 94 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com