Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Lewat Tol Pandaan-Malang

Kompas.com - 13/05/2019, 14:00 WIB
Jalan Tol Pandaan-Malang Dokumentasi Jasa MargaJalan Tol Pandaan-Malang

MALANG, KOMPAS.com - Hadirnya Tol Pandaan-Malang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Malang di sekitarnya.

Jalan tol sepanjang 38,5 kilometer mulai dari Seksi 1 hingga 3 tersebut telah beroperasi, usai diresmikan Presiden Joko Widodo, Senin (13/5/2019).

Adapun Seksi 4-5 dari Singosari-Malang masih dalam tahap konstruksi dan ditargetkan rampung bertahap sebelum akhir 2019.

"Ini manfaatnya sangat besar bagi mobilitas orang, barang dan jasa. Mudah-mudahan manfaat yang besar ini bisa memberikan rasa syukur nikmat bagi warga Jawa Timur, bahwa kemudahan aksesibilitas terus bisa ditingkatkan," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Malang.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Tol Pandaan-Malang Beroperasi

Khofifah berharap agar Seksi 4 dan 5 tol ini dapat segera rampung. Menurut dia, saat jalan berbayar ini beroperasi penuh, tak kurang 7,2 juta wisatawan akan datang ke wilayah Batu di Kabupaten Malang setiap tahunnya.

Jumlah wisatawan, sebut Khofifah, akan semakin bertambah bila nantinya wacana pembangunan Bandara Abdul Rachman Saleh sebagai bandara internasional dapat diwujudkan.

"Dan harapan kami wilayah segitiga ini jadi segitiga Malang Raya yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi yang luar biasa," kata dia.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan dua seksi terakhir akan dikebut sehingga dapat segera dimanfaatkan masyarakat.

"Memang masih kurang sedikit, kurang 7,8 kilometer. Tapi tadi sudah saya kejar agar ini bisa diselesaikan maksimal akhir tahun, syukur bisa maju," ungkap Jokowi.

Baca juga: Tol Pandaan-Malang Bakal Pangkas 70 Persen Kemacetan

Adapun soal kehadiran bandara internasional, Presiden menuturkan, saat ini masih menjadi salah satu pembicaraan di tingkat pusat.

Kendati demikian, wilayah ini memiliki potensi yang cukup yang dapat menjadi alasan bagi pemerintah untuk membangun bandara internasional.

"Karena ada potensi di sini, runway untuk airportnya akan kita perpanjang 500 meter. Sehingga nanti untuk bandara internasional siap," pungkas Jokowi.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X