Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senin Besok, Presiden Resmikan Seksi 1-3 Tol Pandaan-Malang

Kompas.com - 12/05/2019, 21:39 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pekerjaan konstruksi untuk Seksi 1-3 Tol Pandaan-Malang telah rampung sepenuhnya. Tiga seksi pertama ini terbentang mulai dari Pandaan hingga Singosari.

Rencananya, jalan bebas hambatan yang terdiri atas lima seksi ini siap diresmikan Presiden Joko Widodo, Senin (13/5/2019) besok.

"Ini yang besok mau diresmikan Seksi 1, 2, dan 3 totalnya 30,6 kilometer. Ini sudah 100 persen dan tinggal operasi," kata Basuki di usai meninjau proyek, Minggu (12/5/2019).

Tol Pandaan-Malang dirancang sepanjang total 38,5 kilometer. Jalan tol ini ditargetkan rampung sepenuhnya pada November 2019 mendatang.

Baca juga: Jelang Peresmian, Tol Pandaan-Malang Jalani Uji Laik Fungsi

Menurut Basuki, kehadiran Tol Pandaan-Malang sudah ditunggu oleh masyarakat. Sebab, tol ini diyakini dapat memangkas waktu tempuh dan mengurangi biaya mobilisasi logistik dan masyarakat dari Surabaya menuju Malang.

"Ini yang ditunggu masyarakat makanya dipercepat sehingga bisa dimanfaatkan," imbuh Basuki.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto menuturkan, pekerjaan konstruksi untuk Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,8 kilometer saat ini hampir mencapai 90 persen.

Sementara untuk Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,1 kilometer sedikit mengalami kendala lantaran ditemukannya situs bersejarah di area konstruksi.

"Kemarin sempat tertunda, sehingga digeser 17 meter dari trase awal," tutup Sugiyartanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com